Jogja
Selasa, 22 April 2014 - 16:31 WIB

Partisipasi Pemilih di Gunungkidul Naik, Capai 79,5%

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengklaim partisipasi warga dalam pemilu legislatif (Pileg) di Gunungkidul mencapai 79,5% atau 453.161 suara dari total daftar pemilih tetap (DPT) 591.600. Angka capaian tersebut meningkat dari pileg lima tahun lalu yang hanya 75,15%.

Ketua KPU Gunungkidul Zainuri Ikhsan mengatakan, meski capaian partisipasi pemilih melesat dari target yang ditentukan yaitu 80 persen, namun sudah ada peningkatan. “Partisipasi warga pileg kali ini cukup antusias. Tiap TPS rata-rata kedatangan warga mencapai 85 persen,” kata Zainuri saat ditemui di kantornya, Senin (21/4/2014).

Advertisement

Zainuri mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak suaranya dalam pileg kemarin. Dia berharap partisipasi masyarakat dalam pemilihan presiden (pilpres) pun meningkat.

Untuk pilpres yang akan berlangsung 9 Juli mendatang KPU berpatokan pada DPT yang sudah ada sebanyak 591.600 orang. Hanya saja ada pemilih tambahan yang akan masuk daftar pemilih tambahan (DPTb) dari pemilih pemula yang usianya mencapai 17 tahun saat pilpres mendatang.

Saat ini KPU Gunungkidul tengah berkoordinasi dengan KPU DIY dan KPU Pusat untuk melakukan pemutakhiran data. “Patokan kami tetap DPT kemarin, namun ada pemutakhiran lagi,” ujar Zainuri.

Advertisement

Anggota KPU Gunungkidul Divisi Sosialisasi Yudha Ayu menambahkan, meski tidak mencapai target namun partisipasi pemilih diakuinya cukup banyak. Hal tersebut tidak lepas dari sosialisasi yang masif baik dari KPU, Pemkab, dan sejumlah instansi terkait untuk sama-sama menyukseskan pemilu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif