Jogja
Selasa, 22 April 2014 - 13:31 WIB

Ini Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Legislatif di Kota Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bendera partai politik peserta pemilu 2014 (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA–Hasil rekapitulasi penghitungan suara di KPU Kota Jogja menempatkan PDIP sebagai pemenang Pemilu 2014 di Kota Jogja. Partai berlambang banteng moncong putih itu memperoleh dukungan sebanyak 77.236 suara atau unggul jauh dari pesaing terdekatnya Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 30.952 suara.

Berdasarkan hitungan itu, maka PDIP makin mengukuhkan diri Kota Jogja sebagai basis massa partai nomor urut 4 itu.Yang menarik dan sesuai dengan hitung cepat selama ini menempatkan Gerindra di urutan ketiga dengan 26.959 suara.

Advertisement

Pil pahit harus diterima Partai Demokrat, karena di pemilihan tahun ini perolehan suara partai berlambang mercy itu jauh mengalami penurunan. Kalau di Pemilu 2009 mampu mengirimkan 10 wakilnya duduk sebagai anggota DPRD Kota Jogja, tahun ini diperkirakan hanya akan mengirimkan dua kader terbaiknya.

“Demokrat di pemilihan tahun ini mengumpulkan 13.031 suara,” kata Ketua KPU Kota Jogja Wawan Budiyanto saat membacakan hasil rekapitulasi perhitungan suara, Senin (21/4/2014).

Menurut dia, pelaksanaan rekapitulasi berjalan lancar. Meski di tingkat kecamatan sedikit terkendala, secara keseluruhan berjalan baik. Buktinya, dalam rekapitulasi kemarin semua saksi mau membubuhkan tanda tangan serta tak melakukan protes saat hasil tersebut disahkan.

Advertisement

“Kami bersyukur penghitungan ini dapat berjalan lancar. Hasilnya ini langsung akan kami kirim ke KPU Provinsi,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif