Jogja
Selasa, 22 April 2014 - 12:40 WIB

Gadaikan Mobil Sewaan, Edi Ditangkap

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN—Unit Reskrim Polsek Ngaglik menangkap Edi Purwanto, 39, warga Cengkiran, Triharjo, Pandak, Bantul, akhir pekan lalu. Dia ditangkap karena diduga menggelapkan tiga unit mobil milik Suryo Waskito, 38, warga Gabusan, Timbulharjo Sewon, Bantul.

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, tersangka meminjam mobil rental milik korban di Perum Bambuasri, Sinduharjo, Ngaglik pada Juli 2013, salah satunya Daihatsu Xenia bernomor polisi H 8991 UG. Perjanjian sewa perbulan Rp4,5 juta tiap unitnya.

Advertisement

Pada kurun Juli hingga September 2013, tersangka masih lancar membayar cicilan sewa bulanan Rp4,5 juta. Setelahnya, tersangka tidak membayar cicilan. Bahkan saat dihubungi tidak diketahui keberadaannya. Korban kemudian melapor ke Mapolsek Ngaglik.

Kapolsek Ngaglik Kompol Partono menjelaskan, dari hasil penyelidikan pihaknya menangkap tersangka di tempat persembunyian di Jakarta, kemudian dibawa ke Jogja dan saat ini ditahan di Mapolsek Ngaglik. “Tersangka ditangkap di Jakarta, melarikan diri sampai sana,” terang dia, Senin (21/4/2014).

Ia menambahkan modus yang digunakan tersangka yakni meminjam mobil dengan dalih dimanfaatkan sebagai operasional penjualan obat herbal. Karena saat melakukan aksinya tersangka memang bekerja sebagai sales di penjualan obat herbal.

Advertisement

Namun kemudian menggelapkan mobil yang dipinjam dengan cara digadaikan kepada orang lain sebesar Rp20 juta per unit. Polisi masih melakukan pencarian terhadap dua barang bukti lainnya. “Tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP,” imbuhnya.

Tersangka Edi Purwanto mengaku terpaksa menggelapkan tiga unit mobil yang dipinjam dari korban karena terdesak kebutuhan keluarga.

Uang hasil menggadaikan mobil sewaan itu dipergunakan untuk membiayai persalinan istrinya dan membayar kebutuhan rumah sakit istrinya saat opname di lain hari. “Untuk biaya istri melahirkan, kebetulan habis itu opname,” ujar dia kemarin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif