Lifestyle
Senin, 21 April 2014 - 08:40 WIB

TIPS HIDUP BAHAGIA : Tertawa Mampu Tingkatkan Memori Otak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tertawa (abcnews.go.com)

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda kesulitan mengingat kunci kendaraan Anda? Salah satu cara mengatasi ini ternyata cukup mudah yakni, tertawa! Penelitian terbaru menunjukkan tertawa ternyata mampu meningkatkan memori jangka pendek seorang dewasa.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Loma Linda University, California, Amerika Serikat menunjukkan tertawa ternyata berpengaruh cukup besar terhadap kekuatan memori orang dewasa. Dalam penelitian yang melibatkan 20 orang dewasa itu, relawan diharuskan menonton video lucu selama 20 menit. Sedangkan kelompok lainnya hanya duduk tenang tanpa melihat video. Setelah itu, mereka melakukan tes memori dan diambil sampel air liur untuk dites hormon.

Advertisement

Hasilnya, mereka yang menonton video lucu memenangi tes memori jangka pendek daripada mereka yang hanya duduk terdiam. Sedangkan menurut hasil penelitian pada sampel ludah mereka menunjukkan bahwa kelompok yang melihat video lucu dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres.

“Tertawa dengan teman atau bahkan menonton video humor seperti yang telah saya lakukan dapat mengatasi stres yang saya alami,” kata seorang peneliti, Dr Gurinder S. Bains.

Semakin sedikit tingkat stres yang Anda alami dapat membuat ingatan memori Anda juga semakin baik. Dalam penjelasan yang mereka ungkapkan, humor yang mereka lihat dapat mengurangi hormon pemicu stres, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan mood.

Advertisement

Dilansir Abc News, Minggu (20/4/2014), tertawa atau hanya terlarut dalam video humor dapat meningkatkan endofrin, mengirimkan dopamin ke otak dan memberikan rasa senang sehingga menerima sebuah penghargaan. Hal itu dapat berdampak pada sistem kekebalan tubuh sehingga dapat bekerja lebih baik dan meningkatkan memori serta daya ingat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif