Otomotif
Minggu, 20 April 2014 - 04:31 WIB

MOBIL TERBARU : Mustang Limited Edition, Hormati 5 Dekade Pendiri

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ford Mustang 50 Year Limited Edition (Mustang)

Solopos.com, SOLO–Selama 50 tahun memulai debutnya, dan menjadi salah satu mobil paling populer di dunia, Ford, menandai tonggak kesuksesannya dengan mengungkap sosok Ford Mustang 50 Year Limited Edition. Mobil ini dibuat untuk menghormati lima dekade warisan Mustang dan hanya diproduksi 1.964. Jumlah produksi itu sama dengan tahun di mana kali pertama Ford Mustang lahir.

Semua peranti dan kecanggihan teknologi Mustang GT 2015 fastback disematkan pada 50 Year Limited Edition ini. Tunggangan bertenaga ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa bagi pelanggan sekaligus serta penampilan unik yang akan langsung dikenali orang di jalan.

Advertisement

Sebagaimana rilis resmi dari Ford Motor Company yang dilansir autoblog.com, Rabu (16/4/2014), Mustang 50 Year Limited Edition ini menyediakan dua pilihan warna eksklusif, yakni Wimbledon Putih dan Kona Biru dengan enam percematan manual atau transmisi otomatis.

“Ketika 50 tahun lalu Mustang mulai dikembangkan, saya sama sekali tidak pernah membayangkan bahwa mobil ini akan memiliki basis penggemar fanatik di seluruh dunia dan masih diproduksi hingga hari ini. Kami sangat gembira berada di New York, di mana Mustang kali pertama ditampilkan kepada publik pada ajang World Fair 1964,” kata CEO Ford Motor Company, Bill Ford dalam rilis tersebut.

Mustang terbaru memadukan mobil bertenaga serta desain kontemporer khas Mustang. Menurut Wakil Presiden Desain Ford Motor Company, Moray Callum, Mustang Limited Edition ini terdapat detail yang membedakan dengan seri Mustang lainnya. Sedangkan pada langit-langitnya menerapkan bentuk asli Mustang 1965.

Advertisement

Lencana Eksklusif

Pada bagian lampu depan dekat grill terdapat tiga baris krom, sementara untuk lampu belakang (tail lamp) ada tiga baris, sehingga membuatnya berbeda dengan Mustang pada tahun 1960-an. Tiga bilah tail lamp itu, kata Callum, terisnpirasi dari desain konsep asli Mustang yang dibuat oleh Gale Halderman pada 1962. Mustang 50 Year Limited Edition juga akan menjadi satu-satunya model yang memiliki lencana eksklusif GT pada bagian belakang.

Unsur visual lain yang tak akan ditemukan pada Mustang lainnya adalah jendela empat lapis pada perempat jendela bagian belakang. Lembaran jendela berlapis kaca ini dibuat dengan teknik konstruksi nan unik. Dari belakang kemudi, pengemudi akan langsung tahu bahwa mereka sedang mengendarai mobil yang sangat istimewa. Panel aluminium eksklusif yang berada di ruang kemudi tampak sangat berbeda dari Mustang lainnya.

Advertisement

Jok dan roda kemudi dijahit dengan teknik kasmir eksklusif. Jahitan ini juga digunakan pada panel instrumen, boot shifter, sandaran tangan, sisipan pintu dan kursi. Kursi kasmir eksklusif dibuat dual tone hitam dan jok kulit, serta logo Mustang 50 Tahun.

Untuk lantai juga dibuat jahitan kasmir. Chief Engineer Mustang, Dave Pericak, mengatakan beberapa kolektor Mustang pasti akan memburu mobil ini. Namun bukan untuk ditempatkan di museum mereka, melainkan untuk dibawa ke jalan untuk menemukan performa terbaik dari mobil serba eksklusif ini.

Dapur pacu Mustang 50 Year Limited Edition didukung oleh upgrade mesin V8 5.0-liter yang memberikan lebih dari 420 tenaga kuda dan torsi 390. Mustang GT ini juga dilengkapi enam piston rem Brembo depan dan pelek 19 inci dengan performa tinggi dari ban Pirelli P-Zero. Pelek Y-spoke unik berbahan baja krom, ini terinspirasi dari Mustang 1964. Roda depan 9,0 inci dengan ban 255/40R, sementara roda belakang 9,5 inci dengan ban 275/40R.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif