News
Minggu, 20 April 2014 - 23:31 WIB

FESTIVAL INDONESIA DAY: Sate dan Bakso Favorit Orang Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Amiruddin Zuhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang Achmad Ubaidillah (kiri) berfoto dengan Gubernur Yamaguchi (dua kanan) dan Rektor Unviversitas Yamaguchi Jepang (kanan).

Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang Achmad Ubaidillah (kiri) berfoto dengan Gubernur Yamaguchi (dua kanan) dan Rektor Unviversitas Yamaguchi Jepang (kanan).

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman agama, ras suku dan bangsa. Keberagaman ini menempatkan Indonesia sebagai negara yang paling kaya sehingga tidak salah dengan keberagaman itu menjadi pembeda dengan bangsa lainnya.

Advertisement

“Secara metamorfosis kebhinekaan, Indonesia memiliki multi-keragaman yang banyak, namun masih dalam satu koridor Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia,” ungkap Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Yamaguchi, Jepang, Achmad Ubaidillah dalam siaran persnya yang diterima Harian Jogja, Minggu (20/04/2014).

Menurut dia, demi memperkenalkan keragaman budaya Indonesia di Jepang, maka kelompok pelajar ini mengadakan sebuah festival Indonesia yang bertajuk One Country Thousand Cultures. “Kami ingin memperkenalkan bermacam-macam kuliner dan minuman, pariwisata, serta kerajinan dan kesenian yang berasal dari berbagai etnik di nusantara, khususnya bagi warga Jepang yang tinggal di Yamaguchi,” sebut pria yang bergelar KPH Yudanegara itu.

Indonesian day ini, sambung dia, juga dihadiri Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra. Dalam sambutannya, Yusron mengaku bangga dan antusian untuk mendukung penyelenggaraan PPI Yamaguchi. “Bagi beliau, dapat berbaur dengan masyarakat Indonesia dam pecinta budaya Indonesia di Yamaguchi merupakan sebuah kebahagian dan kehormatan,” ungkapnya.

Advertisement

Selain duta besar Indonesia, kegiatan ini juga dihadiri Gubernur Yamaguchi, Walikota Yamaguchi Perfecture Japan, Konsulat Jendral RI di Osaka dan Rektor Yamaguchi University. “Acara ini mendapatkan sambutan yang antusian dari masyarakat di sana,” imbuhnya.

Dalam Indonesia festival ini digelar berbagai acara, mulai dari bazar, pementasan Indonesia Art Performance dan seminar bisnis. Bazar ini, sambung dia, diadakan untuk memperkenalkan beberapa jenis makanan dan produk industri kecil menegah di Indonesia. “Sedangkan dari seni pertunjukkan, Indonesia Art Performance menampilkan bermacam-macam tarian mulai Tari Topeng, Tari Saman, serta berbagai alat kesenian tradisional Indonesia lengkap dengan lagu daerahnya,” katanya.

Ditambahkannya, orang Jepang di Yamaguchi Perfecture tidak hanya menyukai budaya saja, melainkan juga sangat senang dengan makanan dari Indonesia seperti sate dan bakso. “Buktinya dapat dilihat di stand bazar makanan dan minuman Indonesia langsung diserbu oleh masyarakat,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif