Soloraya
Sabtu, 19 April 2014 - 18:25 WIB

WISATA KARANGANYAR : Sejumlah Objek Wisata di Karanganyar Ramai Pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Candi Sukuh (ilustrasi/JIBI/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

Solopos.com,KARANGANYAR –Sejumlah objek wisata di Karanganyar dipastikan ramai dikunjungi pengunjung dalam tiga hari terakhir. Beberapa objek wisata yang menjadi andalan Bumi Intanpari untuk menarik wisatawan domestik dan asing, yakni wisata alam di Tawangmangu dan kompleks Candi Sukuh serta Candi Cetho.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar, Istar Yunianto, mengatakan kunjungan wisatawan ke objek wisata alam, seperti di Grojogan Sewu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

Advertisement

“Laporan yang masuk, jumlah pengunjung di sejumlah objek wisata di Karanganyar mengalami kenaikan 100 persen dibandingkan hari biasa. Memang, biasanya seperti itu kalau berlangsung musim liburan,” kata Istar tanpa menyebutkan detail jumlah pengunjung di objek wisata di Karanganyar kepada Espos, Sabtu (19/4/2014).

Hal senada dijelaskan petugas pos retribusi di Candi Sukuh, Wahyu Satria. Dirinya mengatakan jumlah pengunjung di Candi Sukuh mengalami lonjakan signifikan dalam dua hari terakhir dibandingkan hari biasa.

“Akhir pekan jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Candi Sukuh mencapai 110 orang. Sedangkan, wisatawan asing ada delapan orang. Kenaikan jumlah pengunjung ini disebabkan adanya momentum liburan [memperingati wafat Isa almasih atau Jumat agung]. Kalau hari biasa, jumlah pengunjung berkisar 50-an orang per hari,” katanya.

Advertisement

Humas dan Marketing Agrowisata Sondokoro, Sinung Teguh Nugroho, memprediksi jumlah pengunjung di Sondokoro juga mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Hal itu berkaitan dengan momentum libur sekolah.

“Akhir bulan April-Juni, biasanya pengunjung di Sondokoro terus mengalami kenaikan. Di hari biasanya, tiket yang terjual per hari mencapai 33.000 lembar. Mulai bulan ini dan seterusnya diprediksi terus mengalami kenaikan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif