Jogja
Sabtu, 19 April 2014 - 15:55 WIB

KASUS HIBAH KONI JOGJA : Kejari Jogja Siapkan Pengacara untuk Tersangka

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anti korupsi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Jogja menyiapkan pengacara bagi dua tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Kota Jogja 2011-2012 untuk Jogja Yuso, Putut Marhaento dan Wahyono.

Penyiapan pengacara dilakukan agar pemeriksaan kedua tersangka terkait dengan kucuran dana senilai Rp102 juta yang diterima Jogja Yuso dari KONI Jogja bisa dilakukan maksimal.

Advertisement

“Sesuai KUHAP  [Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana], untuk ancaman hukuman perbuatan pidana ini, disyaratkan harus ada pengacara yang mendampingi tersangka saat diperiksa,” ujar Kasi Pidana Khusus Kejari Kota Jogja Aji Prasetya, di ruang kerjanya, Rabu (16/4).

Meski demikian, Aji enggan mengungkapkan siapa pengacara yang akan ditunjuk Kejari untuk mendampingi Ketua Harian dan Bendahara Jogja Yuso tersebut.

Penunjukkan pengacara, lanjut dia, merupakan salah satu upaya agar pemeriksaan tetap bisa dilakukan. Hal itu dikarenakan adanya pernyataan dari salah satu tersangka, yakni Putut Marhaento yang sampai kini mengaku belum menyiapkan pengacara untuk mendampinginya.

Advertisement

“Kami tidak ingin permasalahan itu jadi mengganggu pemeriksaan. Jika sampai pada pemeriksaan tersangka nanti mereka tidak didampingi pengacara, akan kami tunjuk pengacara untuk mendampingi mereka,” jelasnya.

Perihal waktu pemeriksaan Kejari masih terus melakukan pemeriksaan terhadap saksi lainnya dalam kasus yang sama.  Selain itu, Kejari juga masih melakukan pendalaman terhadap kucuran dana hibah KONI Kota kepada Pengcab PSSI Kota 2011 senilai Rp178 juta, Diklat PSIM 2011-2012 senilai Rp236,3 juta dan Pengkot PBVSI 2012 Rp537,4 juta.

“Untuk PBVSI, tadi baru saja selesai kami meminta keterangan dari Ketua KONI Kota Jogja, Iriantoko Cahyo Dumadi,” terang dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif