Otomotif
Sabtu, 19 April 2014 - 04:01 WIB

Harley Davidson, Kian Tua Makin Nyentrik

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harley Davidson kuno (Farid Syafrodi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Kendaraan tua yang nyentrik memang memiliki karisma tersendiri bila dibandingkan dengan kendaraan keluaran masa kini. Desainnya yang eksotis membuat siapa pun akan terpana ketika melihat kendaraan tua melaju di jalan.

Kepala Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Agus Tri Raharjo, adalah salah satu yang kepincut dengan kendaraan tua. Di garasi
rumahnya, terdapat satu unit motor Harley Davidson WL 47. “Waktu membeli motor Harley ini, kondisinya sudah karatan semua,” ujar Agus
saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Jumat (18/4/2014) siang.

Advertisement

Karena banyak bodi yang sudah karatan, dia pun memoles lagi tunggangannya itu agar bisa mengaspal di jalan. Motor dengan kapasitas mesin 750 cc itu pun dicat ulang dengan warna hitam solid.

Agus juga harus mengganti jok penumpang yang berada di sebelah kiri pengemudi. Tak tanggung-tanggung, Agus mengaku semua bahan baku yang dipakai untuk renovasi motornya itu asli didatangkan dari Amerika.

Maka tak heran bila dia sudah menyeluarkan banyak uang untuk memperkokoh tunggangannya itu. “Di pabriknya sana masih ada onderdil yang asli,”
ujar Agus.

Advertisement

Ia mengatakan hampir semua bagian pada motor gede tersebut dia ganti. Mulai dari ban, jok, lampu, rantai, selebor, dan sebagainya. Untuk ban
saja, kata dia, dia sudah menghabiskan Rp25 juta. Kendati hampir semua bagian sudah diganti, namun dia mengklaim bahwa semua bagian pengganti itu adalah asli.

“Semuanya masih asli, meskipun beberapa bagian sulit didapat, seperti krom,” ujar Agus. Jari-jari pelek juga masih dipertahankan seperti gaya aslinya.
Sementara itu, untuk mesin sudah mengalami overhole agar mesin 750 cc masih bisa digas dan mengaum di jalanan. Meskipun sudah tua, namun
motor ini tak kalah bila menjelajah dan menggilas jalanan .

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif