Sport
Senin, 29 April 2024 - 11:26 WIB

Uzbekistan Tim Termewah, Nilai Pasaran 1 Pemain Lebih Besar dari Skuad Garuda

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skuad Uzbekistan di Piala Asia U-23 tahun 2024 (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Bukan hanya runner up Piala Asia U-23 tahun 2022, Uzbekistan yang menjadi lawan Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 Qatar, Senin (29/4/2024) malam ini, juga merupakan tim termewah.

Total nilai Skuad Uzbekisan senilai Rp301,5 miliar sedangkan Timnas Indonesia hanya Rp83,4 miliar.

Advertisement

Bahkan harga pasaran gelandang serang Uzbekistan, Abbosbek Fayzullaev yang bermain di CSKA Moskow, liga teratas Rusia senilai Rp86,9 miliar, lebih besar dari total harga pasaran skuad Garuda Muda yang senilai Rp83,4 miliar.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Senin, di bawah Abbosbek Fayzullaev, pemain termahal di Uzbekistan adalah Abdukodir Khusanov yang bermain untuk RC Lens, klub di Liga 1 Prancis.

Abdukodir Khusanov memiliki nilai pasaran Rp34,7 miliar. Lalu disusul Khozhimat Erkinov (Rp13,9 miliar/Al Wahda, UEA), Ibrokhimkhalil Yuldoshev (Rp13,9 miliar/ Kairat Almahty, Kazakhstan), dan Diyor Kholmatov (Rp13 miliar/Pakhtakor Tashkent, Uzbekistan).

Advertisement

Sisanya, para pemain Uzbekistan memiliki nilai pasar dari Rp6 miliar hingga Rp12 miliar.

Total nilai Skuad Uzbekisan senilai Rp301,5 miliar.

Sementara total nilai pasaran Skuad Garuda Muda hanya Rp83,4 miliar.

Nilai pasaran tertinggi adalah kapten Rizky Ridho senilai Rp6,95 miliar, disusul Nathan Tjoe Aon senilai Rp6,08 miliar, Ivar Jenner (Rp5,21 miliar), Marselino Ferdinan (Rp5,21 miliar), dan sisanya berada di kisaran Rp4 miliar.

Advertisement

Dua pemain keturunan yang menjadi nyawa Skuad Garuda yakni Justin Hubner dan Rafael Struick bernilai pasaran masing-masing Rp3,48 miliar dan Rp1,3 miliar.

Meski menghadapi skuad mewah, pelatih Garuda Muda Shin Tae-yong tidak gentar. Ia yakin dengan kemampuan anak asuhnya mampu meredam agresivitas Uzbekistan.

Selain mewah secara nilai pasaran, Uzbekistan juga menjadi tim tergacor di turnamen Piala Asia U-23.

Finalis Piala Asia U-23 tahun 2022 itu sudah mengoleksi 12 gol dan belum pernah kebobolan.

Advertisement

Bandingkan dengan Timnas Garuda yang baru mengoleksi 7 gol dan kebobolan 5 gol.

“Saya meminta anak-anak untuk percaya saya, percayai saya, ikuti saya. Kita akan ke final,” tandas Shin Tae-yong seusai memulangkan tim negaranya, Korea Selatan di babak perempatfinal, Jumat (26/4/2024) lalu.

Sebagai informasi, saat dikalahkan Indonesia di drama adu penalti alot dengan skor 13-12 (2-2), skuad Korea Selatan memiliki nilai pasaran Rp168,1 miliar.

Peringkat senior Timnas Korsel juga jauh di atas Indonesia yakni 23 FIFA sedangkan Merah Putih 134 dunia.

Advertisement

Terkesan

Sebelumnya, Pelatih Uzbekistan Timur Kapadze terkesan dengan langkah Indonesia yang lolos ke semifinal Piala Asia U-23 kendati berstatus debutan di turnamen dua tahunan tersebut.

Karenanya Timur Kapadze tak berani menganggap remeh Indonesia dan langsung fokus mempersiapkan tim untuk laga semifinal pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

“Kami menonton pertandingan Indonesia melawan Republik Korea dan mereka menunjukkan bahwa mereka bisa tampil melawan tim-tim besar. Jadi mulai sekarang dan seterusnya, kami akan mulai menganalisis dan mempersiapkannya. Mereka bagus,” ujar Timur Kapadze dalam jumpa pers seusai mengalahkan Arab Saudi 2-0, seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi AFC, Sabtu (27/4/2024).

Kapadze senang setelah timnya melaju ke semifinal dengan kemenangan keempat berturut-turut dan tidak kebobolan gol.

Uzbekistan saat ini menjadi tim tersubur di Piala Asia U-23 dengan koleksi 12 gol. Mereka juga menjadi tim yang belum pernah dibobol lawan.

Di fase grup mereka menghajar Malaysia 2-0, menggilas Kuwait lima gol tanpa balas, dan mempecundangi Vietnam 3-0.

Advertisement

Ketajaman tim asuhan Timur Kapadze ini berlanjut ke babak perempatfinal. Di babak delapan besar tersebut, Jasurbek Jaloliddinov dkk. mengalahkan sang juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif