Bisnis
Minggu, 28 April 2024 - 15:23 WIB

Pre-Event SGS 2024, Masyarakat Bisa Beli Produk UMKM Rp10 Pakai QRIS

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga membeli produk UMKM yang dikemas menjadi gunungan pada acara Pre-Event SGS 2024 di CFD Solo, Minggu (28/4/2024). Produk dijual Rp10 dengan transaksi menggunakan QRIS.(Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO— Event Solo Great Sale (SGS) 2024 siap digelar pada Mei nanti. Pada Minggu (28/4/2024), Kadin Solo telah menggelar pre-event SGS 2024 yang ditandai dengan kegiatan transaksi produk UMKM pada sebuah gunungan menggunakan QRIS dengan harga hanya Rp10.

Kegiatan pre-event SGS 2024 tersebut digelar di area Car Free Day (CFD) Solo, tepatnya di depan Rumah Dinas Wlai Kota Solo atau Loji Gandrung. Acara digelar dengan hiburan musik serta sosialisasi event SGS yang siap digelar selama sebulan penuh di bulan Mei nanti.

Advertisement

Ada hal menarik yang saat itu langsung diserbu masyarakat yang berada di CFD, yakni transaksi gunungan produk UMKM. Panitia telah menyiapkan sejumlah produk UMKM yakni aneka jajanan yang disusun menjadi sebuah gunungan.  Setiap produk yang tertempel pada gunungan itu bisa dibeli hanya dengan harga Rp10. Nominal tersebut disesuaikan dengan tahun pelaksanaan SGS, yang tahun ini memasuki tahun ke-10 pelaksanaan SGS.

Namun untuk melakukan transaksi tersebut, masyarakat harus melkukannya menggunakan QRIS. Hal tersebut tampaknya tidak menjadi kendala bagi masyarakat Solo yang telah terbiasa berbelanja menggunakan QRIS. Terlihat, dari mengantre untuk membeli produk gunungan tersebut, sudah bersiap dengan HP masing-masing untuk memindai QR Code yang dipajang di sampong gunungan produk UMKM tersebut. Masyarakat yang sudah melakukan tansaksi kemudian bisa memilih barang yang diinginkan.

Salah satu warga yang ikut mengantre untuk membeli produk UMKM tersebut adalah Edy, warga Mojosongo. Dia rela mengantre karena tertarik dengan program tersebut.

Advertisement

“Konsepnya menarik, jadi hanya dengan Rp10, menggunakna QRIS sudah bisa beli jajanan,” kata dia saat ditemui di lokasi acara, Minggu.

Ketua Kadin Solo yang juga Ketua Panitia SGS 2024, Ferry Septha Indrianto, menyampaikan secara resmi SGS 2024 akan dibuka pada 5 Mei nanti. Direncanakan pada pembukaan tersebut akan dihadiri oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

Pelaksanaan SGS tahun ini juga akan bersamaan dengan pelaksanaan HUT Dekranas dan PKK Nasional yang dipusatkan di Solo.

Advertisement

“Jadi kami tahun ini [SGS] membersamai HUT Dekranas, dan direncanakan akan ada delegasi sekitar 6.000 yang akan hadir di Kota Solo. Itu menurut saya akan mendorong peningkatan di sisi belanja,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif