Jateng
Minggu, 28 April 2024 - 00:42 WIB

Rumor Koalisi, PKB dan Demokrat Jajaki Kerjasama di Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Peta atau arah koalisi masing-masing partai politik (parpol) pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mulai tergambar.

Kali ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat mulai melakukan penjajakan politik menjelang kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2024-2029 pada November mendatang.

Advertisement

Informasi yang diterima Solopos.com, DPW PKB Jateng menerima kunjungan silaturahmi dari Partai Ketua DPD Demokrat Jateng, Rinto Subekti yang didampingi sejumlah pengurus intinya di kantor DPW PKB Jateng di Kota Semarang, Jumat (26/4/2024) malam.

Dalam pertemuan tertutup itu, Ketua DPW PKB Jateng, M Yusuf Chudlori didampingi Sekretaris DPW PKB Jateng, H Sukirman, Ketua LPP Syarif Abdillah, tim Desk Pilkada, serta sejumlah pengurus wilayah.

Ketua DPW PKB Jateng, M Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf, menyambut baik silaturahmi ini. Apalagi, penjajakan kerjasama dengan niatan membawa provinsi Jawa Tengah semakin lebih makmur agar mampu menyusul sejumlah ketertinggalan dari provinsi tetangga.

Advertisement

“Syarat berlayar sudah cukup. Tapi tentunya semua juga harus memikirkan komponen-komponen lain. Jadi semuanya masih dinamis,” kata Gus Yusuf dalam keterangan resminya kepada Solopos.com, Jumat malam.

Gus Yusuf menyatakan, PKB yang memiliki 20 kursi dan Demokrat 7 kursi di Legeslatif telah memenuhi syarat formal atau 20 persen ambang batas dari total 120 kursi di DPRD Jateng untuk mengusung calon gubernur pada Pilgub Jateng 2024-2029. Adapun sosok yang dinilai layak maju dalam Pilgub Jateng adalah masing-masing pimpinan partai atau dalam hal ini Gus Yusuf dan Rinto Subekti.

“Karenanya kita bisa bekerja sama dengan Demokrat, baik di fraksi parlemen maupun nanti dalam Pilgub atau Pilkada. Dan yang pasti masih dinamis. Tapi silaturahmi ini menjadi langkah maju, meski tentu harus terus berkomunikasi dengan parpol lain,” pungkasnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, mengatakan silaturahmi ini merupakan bagian dari upaya membangun Jawa Tengah ke arah yang lebih baik. Menurutnya, Pilgub maupun Pilkada merupakan sesuatu yang harus dijalani karenanya harus melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak.

“Di Pilgub kita ingin ada kerja sama dengan PKB. Namun di tingkatan daerah, ada kearifan lokal sendiri. Sehingga mungkin ada juga yang kerja sama. Namun adapula yang saling berkompetisi,” tutup Rinto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif