Jogja
Jumat, 18 April 2014 - 18:32 WIB

Kesadaran Warga Jogja untuk Deteksi Dini HIV/AIDS Masih Kurang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Jogja menilai kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini HIV/AIDS masih kurang, padahal banyak warga yang tidak rentan tertular juga bisa mengidap penyakit tersebut.

“Masyarakat umum biasanya enggan melakukan deteksi dini HIV/AIDS. Kesadaran untuk melakukan deteksi dini banyak muncul dari kelompok masyarakat yang berisiko tinggi tertular penyakit itu,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Jogja, Kaswanto, Kamis (17/4/2014).

Advertisement

Menurut dia, masyarakat umum juga perlu melakukan deteksi dini HIV/AIDS karena biaya pemeriksaan sepenuhnya sudah ditanggung oleh Pemerintah Kota Jogja.

Pemeriksaan atau deteksi dini HIV/AIDS bisa dilakukan di sejumlah puskesmas, yaitu di Puskesmas Umbulharjo I dan Puskesmas Gedongtengen, dan seluruh rumah sakit yang ada di Kota Jogja.

“Deteksi dini adalah upaya pencegahan penularan HIV/AIDS. Jika ada warga yang pernah melakukan kegiatan menyimpang seperti hubungan seks berisiko sebaiknya segera memeriksakan diri untuk mengantisipasi agar virus tidak menyebar kemana-mana,” katanya.

Advertisement

Kaswanto menyebut, hubungan seks berisiko menempati peringkat pertama faktor penularan HIV/AIDS di Kota Yogyakarta. Dari 677 kasus sejak 2004 hingga akhir 2013, diketahui 62% kasus disebabkan hubungan seks berisiko.

Dan dari pendataan KPA diketahui bahwa 63% penderita HIV/AIDS di Kota Jogja adalah laki-laki.

Sementara itu, Ketua KPA Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan akan segera melakukan pemeriksaan deteksi dini HIV/AIDS untuk memberikan contoh kepada masyarakat.

Advertisement

“Jika memang tidak pernah melakukan hal yang aneh-aneh, maka tidak perlu takut melakukan deteksi dini HIV/AIDS. Sehat adalah hak asasi manusia,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif