Soloraya
Kamis, 17 April 2014 - 04:30 WIB

Ribuan Guru WB Belum Terima Tunjangan Beasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok. SOLOPOS)

Solopos.com, WONOGIRI–Sejumlah guru wiyata bhakti (WB) di Kabupaten Wonogiri mengeluhkan belum cairnya tunjangan beasiswa guru program sarjana (S1) di Universitas Terbuka (UT) pada tahun ini. Padahal, para guru wiyata bhakti tersebut membutuhkan dana untuk membayar biaya kuliah.

Informasi yang dihimpun solopos.com, Rabu (16/4/2014) menyebutkan mayoritas guru wiyata bhakti yang tengah menimba ilmu program sarjana di UT belum menerima tunjangan beasiswa. Mereka terpaksa meminjang uang untuk melunasi biaya perkuliahan selama setahun.

Advertisement

Tunjangan beasiswa program S1 yang diterima setiap guru wiyata bhakti senilai Rp3.600.000/tahun. Biasanya, pencairan tunjangan beasiswa dilakukan setiap awal atau pertengahan Maret.

“Tahun lalu saya dapat tunjangan beasiswa setelah menerima surat keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengapa tahun ini saya enggak dapat, mayoritas guru WB yang sedang kuliah belum menerima tunjangan beasiswa,” kata seorang guru WB yang enggan disebutkan namanya kepada Espos.

Menurut dia, jumlah guru WB yang mendapatkan tunjangan beasiswa di Kabupaten Wonogiri berjumlah ribuan orang. Mereka menimba ilmu untuk meningkatkan kemampuan dan integritas di bidangnya masing-masing.

Advertisement

Lebih jauh, dia meminta agar Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri memverifikasi ulang guru WB yang mendapat tunjangan beasiswa. Sehingga apabila ada data yang kurang bisa segera diperbaiki. “Instansi terkait terkesan tak memperjuangkan para guru WB agar mendapatkan tunjangan beasiswa. Terus terang saja, saya harus hutang untuk melunasi biaya kuliah. Kalau kondisinya seperti ini kan guru WB yang bingung,” papar dia.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto mengakui tunjangan beasiswa bagi para guru WB belum dicairkan pada tahun ini. Dana tunjangan beasiswa tersebut berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait waktu pencairan tunjangan beasiswa bagi guru WB di Wonogiri.

Lebih jauh, Siswanto menjelaskan pihaknya belum dapat memastikan jumlah guru WB yang bakal menerima tunjangan beasiswa. Sebab, kewenangan pemberian tunjangan beasiswa berada di Pemerintah Pusat. “Memang benar, tunjangan beasiswa bagi guru WB belum cair. Sekarang baru proses, sudah diajukan namun jumlah guru WB yang menerima tunjangan beasiswa tergantung Kementerian [Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan],” pungkas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif