Teknologi
Kamis, 17 April 2014 - 08:50 WIB

Demi Pertahankan Windows XP, Belanda Rela Bayar Jutaan Euro

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Windows XP (Istimewa/Wikipedia)

Solopos.com, SOLO  –  Keputusan Windows untuk menghentikan dukungan bagi segala piranti yang terkait dengan Windows XP pada 8 April 2014 lalu membuat sejumlah negara khawatir. Salah satunya adalah Belanda yang rela membayar uang jutaan euro kepada Microsoft agar mereka tetap bisa menjalankan Windows XP dengan aman.

Seperti dilaporkan Dutch News, Belanda meminta Windows memberikan dukungan terhadap sekitar 34.000 hingga 40.000 pegawai pemerintah yang masih menggunakan Windows XP hingga Januari tahun depan.  Kebijakan itu diambil Belanda mengingat mereka baru akan beralih ke sistem baru tahun depan.

Advertisement

Dilansir Daily Sabah, Rabu (16/4/2014), pemerintah Belanda menyetujui kesepakatan dengan membayar jutaan euro kepada raksasa komputer Microsoft untuk mendukung Windows XP yang masih mereka jalankan. Sebelumnya, langkah ini juga ditempuh oleh pemerintah Inggris dengan membuat kesepakatan serupa bersama Microsoft dengan nilai mencapai 5,6 juta pounsterling atau Rp107 miliar.

Microsoft sebenarnya tetap mempersilakan penggunaan Windows XP sampai kapanpun. Tetapi Microsoft mengingatkan penggunaan Windows XP akan jauh lebih rentan terhadap serangan cyber.

Windows XP memang rentan terhadap serangan cyber mengingat sudah tidak ada lagi fasilitas keamanan yang biasa diluncurkan oleh Microsoft setiap bulannya untuk menangkis berbagai serangan virus dan malware.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif