Soloraya
Rabu, 16 April 2014 - 20:14 WIB

UN SMA 2014 : Hari Terakhir, 18 Siswa Klaten Tak Ikuti Ujian

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi UN (Dok/JIBI)

Solopos.com, KLATEN–Pada hari ketiga Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat, Rabu (16/4/2014), sebanyak 18 siswa tidak hadir. Mereka ada yang izin sakit, meninggal, dan bahkan mengundurkan diri.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Harian UN Tingkat SMA/sederajat, Wahono, saat dihubungi Espos, Rabu (16/4). “Hari ini [Rabu] atau hari terakhir pelaksanaan UN tingkat SMA/sederajat ada 18 siswa yang tidak mengikuti UN. Jumlah itu terdiri atas sembilan siswa SMA, satu orang siswa MA, dan delapan orang siswa SMK,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, dari sembilan siswa SMA yang tidak mengikuti UN, lima siswa di antaranya sakit, dua siswa mengundurkan diri, satu siswa melakukan pelanggaran tata tertib, dan satu siswa meninggal dunia. Sedangkan satu siswa MA, tidak mengikuti UN karena sakit. Sementara, delapan siswa SMK yang tidak mengikuti UN yakni tiga siswa di antaranya sakit dan lima siswa lainnya mengundurkan diri.

Sementara itu, jumlah total peserta UN Paket C sebanyak 254 orang yang terdiri atas 252 orang jurusan IPS dan dua orang jurusan IPA. Jumlah orang yang tidak mengikuti ujian tersebut sebanyak 29 orang dari jurusan IPS. Penyelenggaraan UN Paket C sama dengan pelaksanaan UN SMA/sederajat yakni pada Senin-Rabu (14-16/4).

Sementara itu, di Lapas Kelas IIB Klaten, dari tujuh anak, hanya lima anak yang mengikuti UN tingkat SMA/sederajat. “Sebenarnya ada tujuh anak yang terdaftar dalam UN SMA ini. Tapi, yang bisa mengikuti hanya lima anak. Dari informasi yang saya peroleh dari pihak Lapas, dua anak itu tidak mengikuti UN karena satu anak pindah dan satu anak lainnya sudah bebas,” ujarnya.

Advertisement

Menurut Wahono, pada Rabu malam, lembar jawab UN langsung dikirim ke Semarang untuk pemindaian yang dikawal oleh perwakilan dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menjadi tim pengawas UN.

Di sisi lain, UN susulan untuk tingkat SMA/sederajat diadakan pada 22-24 April 2014. Sedangkan bagi mereka yang tidak lulus bisa mengikuti UN Paket C Periode II pada Agustus 2014.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif