Teknologi
Rabu, 16 April 2014 - 22:45 WIB

PENEMUAN BARU : Google Patenkan Lensa Kontak Tunanetra

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lensa kontak Google yang dapat membantu orang buta (Telegraph.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Google telah mengajukan paten Amerika Serikat (AS) terkait temuan produk terbaru mereka. Sebuah lensa kontak berteknologi canggih telah mereka ciptakan yang secara khusus dapat membantu para tuna netra.

Lensa kontak tersebut memungkinkan pemakainya untuk mengambil foto secara garis lurus dari pandangan mereka. Lensa ini juga berfungsi untuk mengontrol kamera yang telah dibubuhkan pada pola berkedip unik yang ada dalam lensa ini.

Advertisement

Setiap lensa dirancang dengan komponen kamera kecil dan sensor yang dapat diprogram untuk mendeteksi cahaya, warna, objek tertentu, wajah, dan gerak tanpa menghalangi penglihatan pemakainya. Lensa kemudian dapat mengeluarkan perintah ke sebuah remote control layaknya smartphone.

Lensa ini sangat membantu penderita tuna netra karena dapat menganalisis dan memproses data gambar guna memberi peringatan kepada penggunanya mengenai kondisi jalan di depannya. Sedangkan untuk menghilangkan peringatan suara tentang jalan di depannya, pengguna dapat mematikannya melalui remote control yang tersedia.

Awal tahun ini, Google meluncurkan lensa prototipe tersebut yang juga dapat menjadi fungsi lain untuk memantau kadar glukosa pada penderita diabetes. Brian Otis, pemimpin proyek Google X mengatakan pihaknya masih berkerja keras untuk mengembangkan teknologi lensa cerdas ini.

Advertisement

“Kami harus bekerja sangat keras untuk mengembangkan lensa eletronik bertenaga rendah yang dapat beroperasi pada rendahnya tingkat energi dan sensor glukosa yang sangat kecil, “ kata Otis sebagaimana dikutip Telegraph, Selasa (15/4/2014).

Sekilas tak ada yang istimewa dari penampakan lensa kontak ini, namun sebenarnya lensa ini terdapat 2 sinar yang sarat akan puluhan ribu miniatur transitor dan dikelilingi dengan antena berbentuk rambut tipis yang sangat canggih.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif