Soloraya
Rabu, 16 April 2014 - 09:30 WIB

HASIL PEMILU SOLORAYA : 45 Caleg Terpetakan Masuk DPRD Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jumlah kursi DPRD Kota Solo 2024 (JIBI/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO–Meski hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo belum keluar, 45 nama calon anggota legislatif (caleg) telah terpetakan melenggang menjadi wakil rakyat di DPRD Sukoharjo periode 2014-2019. Di antara mereka, terdapat wajah-wajah baru yang menggusur anggota DPRD lama di Kota Makmur.

Pengamat demokrasi di Sukoharjo, Sahid Mubarok, saat ditemui solopos.com di Sukoharjo, Selasa (15/4/2014), mengatakan pihaknya menggelar rekapitulasi sesuai data dari panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilu kecamatan (PPK). Hasil rekapitulasi itu kemudian ia gunakan untuk memprediksi nama-nama caleg yang lolos ke DPRD Sukoharjo.

Advertisement

“Prediksi tersebut memang belum fix. Tapi ya mendekati benar,” kata dia.
Menurut prediksi tersebut, PDIP mendapat jumlah kursi terbanyak, yaitu 23 kursi. Perolehan kursi dewan itu disusul oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar yang memperolah masing-masing lima kursi DPRD Sukoharjo.

“Kursi Partai Golkar hilang satu. Partai pendatang, Partai Nasdem, mendapat dua kursi. Sementara dua parpol yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hanura hilang dari komposisi anggota DPRD Sukoharjo,” terangnya.

Sementara PKS, Partai Demokrat, dan PAN juga berkurang jumlah kursi mereka di DPRD. PKS kehilangan tiga kursi. Dari semula empat menjadi tinggal satu. Partai Demokrat yang pada periode sebelumnya mendapat lima hanya tinggal dua. Sedangkan PAN kehilangan satu kursi, dari lima menjadi empat.

Advertisement

“Partai yang mendapat jumlah kursi tetap adalah PKB, tiga kursi. Tiga orang politikus pengisi kursi tersebut adalah anggota DPRD periode sebelumnya,” paparnya.
Ia menambahkan, komposisi anggota DPRD periode 2014-2019 berubah drastis. Nama-nama baru muncul sebagai wakil rakyat.

“Saya berharap para wakil rakyat yang terpilih dapat menjalankan tugasnya mengemban amanah rakyat. Jangan sampai posisi sebagai wakil rakyat disalahgunakan untuk untuk kepentingan pribadi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, saat dijumpai solopos.com di kantornya, Selasa, mengatakan sudah sembilan PPK yang menggelar rekapitulasi dan menyerahkan data tersebut ke KPU. Pihaknya masih menunggu tiga PPK yang rencananya menggelar rekap pada Rabu (16/4), yaitu PPK Kartasura, Baki dan Mojolaban.

Advertisement

“KPU akan menggelar rapat pleno pada Sabtu (19/4). Hasil pleno itu akan dipakai sebagai dasar penetuan caleg terpilih. Hari ini kami tetap memberi akses perkembangan rekapitulasi kepada masyarakat,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif