HASIL PEMILU SOLORAYA
Perolehan Suara Caleg PDIP Dapil II Wonogiri Lebihi BPP

Warga dan calon anggota legislatif melihat data perolehan suara pemilu 2014 di Aula Kantor KPU Wonogiri, Sabtu (12/4/2014). (Triantios HS/JIBI/Solopos)Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)
Solopos.com, WONOGIRI – Calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP daerah pemilihan (dapil) II, As Joko Prayitno dipastikan menjadi satu-satunya caleg di Wonogiri yang meraup suara di atas bilangan pembagi pemilih (BPP). Berdasarkan perhitungan sementara, As Joko Prayitno mampu mendulang suara sekitar 14.000 suara sementara BPP di dapil II sebanyak 13.002 suara.
As Joko Prayitno menyingkirkan ratusan caleg dari 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu lantaran mampu meraup suara di atas BPP di dapil II. Dapil II meliputi Ngadirojo, Sidoarjo, Girimarto, Nguntoronadi dan Jatipurno. Torehan suara tersebut kemungkinan besar dipengaruhi status As Joko Prayitno sebagai incumbent atau petahana pada pesta demokrasi terbesar di Indonesia.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Mat Nawir mengatakan hanya satu caleg yang perolehan suaranya melebihi BPP di dapilnya yakni As Joko Prayitno. Dia mampu mendulang suara terbanyak dibanding para caleg se-Kabupaten Wonogiri. “Kemungkinan besar hanya satu caleg yakni As Joko Prayitno yang suaranya melebihi BPP di dapilnya. Pada 2009 lalu tak ada caleg yang suaranya melebihi BPP di dapilnya,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (15/4/2014).
Saat ini, perhitungan suara sementara yang dilakukan KPU Wonogiri mencapai 90 persen. Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara jumlah suara sah sebanyak 581.696 suara.  Perinciannya, jumlah suara sah di dapil I sebanyak 135.107 suara, dapil II sebanyak 117.024 suara, dapil III sebanyak 107.574 suara, dapil IV sebanyak 108.594 suara dan dapil V 113.397 suara.
Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara itu, pihaknya mengaku dapat memprediksi caleg yang mendapat kursi di parlemen. Menurut dia, mayoritas incumbent atau petahana akan melenggang mulus menjadi wakil rakyat. “Yang jelas mayoritas incumbent memperoleh kursi legislatif. Kami belum dapat menyebutkan satu persatu sebelum menggelar rapat pleno penghitungan suara,” ujarnya.
Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno mengatakan pihaknya memastikan memperoleh 13 kursi legislatif pada Pileg 2014. Dia memperinci perolehan kursi di lima dapil di Kota Gaplek. Dapil I, II dan III memperoleh tiga kursi sementara IV dan V meraup dua kursi.
Kendati perolehan kursi legislatif meleset dari target namun pihaknya tak terlalu mempermasalahkan lantaran kondisi itu dialami seluruh parpol di Wonogiri. “Selama ini, kantong suara PDIP memang di dapil I, II dan III jadi tak heran bisa meraih tiga suara di setiap dapil. Saya kira target kursi semua parpol berkurang karena pengurangan jatah lima kursi  dari 50 menjadi 45 kursi,” papar dia.
Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Wonogiri, Sriyadi mengatakan berdasarkan penghitungan internal partai, terdapat tiga kursi legislatif yang berhasil diboyong pada Pileg. Tiga kursi tersebut berasal dari dapil I, IV dan V. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu hasil penghitungan suara akhir yang dilakukan KPU Wonogiri.
Hal senada Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Wonogiri, Tety Indarti. Pihaknya mengaku memastikan empat kursi legislatif yang berasal dari dapil I, II, III dan IV. Menurut dia, para caleg PD Wonogiri kalah bersaing dengan caleg parpol lainnya di dapil V meliputi Paranggupito, Pracimantoro, Giriwoyo, Giritontro, Baturetno.

Editor: | dalam: Wonogiri |

Bisnis Indonesia

Fatal error: Call to undefined method WP_Error::get_item_quantity() in /home/dotcom/www/solopos/elements/themes/terbaru/widget-bisnis.php on line 8