News
Senin, 29 April 2024 - 18:43 WIB

Kemenag Buka Pendaftaran Sekolah Aktor Resolusi Konflik, Ini Syaratnya!

Redaksi Solopos.com  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendaftaran SPARK 2024. (Kemenag.go.id)

Solopos.com, SOLO — Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama kembali membuka pendaftaran Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik (SPARK).

Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dibukanya kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi aktor resolusi konflik di wilayahnya masing-masing. Kesempatan itu dibuka bagi warga yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mendaftar.

Advertisement

Secara umum, resolusi konflik bisa diartikan sebagai suatu pendekatan penyelesaian konflik dengan berupaya memecahkan masalah secara konstruktif.

Dikutip dari laman Kemenag.go.id, Senin (29/4/2024) program ini diperuntukkan bagi penyuluh agama (baik PNS, PPPK, maupun honorer atau PAH). Kesempatan juga dibuka bagi Penghulu (baik PNS maupun PPPK).

Pendaftaran sekaligus proses seleksi calon peserta akan dibuka dari 1 – 19 Mei 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada 20 Mei 2024. Sementara pelaksanaan programnya dari 27 Mei 2024 sampai 26 Juni 2024. Cukup banyak kuota yang tersedia karena SPARK akan dilakukan dalam enam Angkatan.

Advertisement

Berikut Persyaratannya:

1. Penyuluh PNS, P3K, dan PAH
2. Penghulu PNS dan P3K
3. Mengisi form pendaftaran di: https://bit.ly/daftarSPARK2024
4. Siap mengikuti tahapan seleksi & pelaksanaan Bimtek SPARK, serta menjadi Aktor Resolusi Konflik (ARK) di wilayahnya masing-masing
5. Membuat tulisan sebanyak 700 s.d. 1000 kata tentang kondisi kehidupan beragama & relasi antar kelompok/paham keagamaan, dilengkapi dengan data kelompok/ paham keagamaan yang ada di kecamatannya masing-masing
6. Telah mengikuti MOOC Deteksi Dini yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Kementerian Agama
7. Follow IG @bpkiurais dan @bimasislam

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif