Lifestyle
Selasa, 15 April 2014 - 06:12 WIB

TIPS KARIER : Kenali Kesalahan Fatal Wawancara Kerja!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi harap-harap cemas melamar pekerjaan (News.com.au)

Solopos.com, SOLO – Sulit memungkiri wawancara kerja merupakan penilaian awal perusahaan pada diri Anda saat melamar untuk mengisi lowongan pekerjaan. Oleh karenanya, wawancara merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses rekruitmen calon karyawan.

Kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh representasi perusahan bisa berakibat hilangnya minat mereka untuk menerima Anda sebagai salah satu bagian dari perusahaan itu. Berikut beberapa kesalahan yang sebaiknya Anda hindari dalam wawancara kerja sebagaimana dikutip Solopos.com dari News.com.au, Senin (14/4/2014).

Advertisement

Pura-Pura Bisa Melakukan Segalanya
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pencari kerja dalam proses wawancara kerja adalah berpura-pura dapat melakukan segalanya. Mengatakan kepada representasi perusahan yang mewawancarai Anda bahwa Anda dapat melakukan suatu pekerjaan yang sebenarnya tidak Anda kuasai merupakan suatu kesalahan yang harus Anda hindari. Katakanlah yang sesungguhnya, karena kejujuran sejatinya merupakan suatu hal terbaik yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan.

Meremehkan Media Sosial
Sebagian pencari kerja cenderung mengabaikan pertanyaan tentang media sosial yang dimilikinya. Namun bisa jadi pertanyaan tentang situs jejaring sosial yang Anda miliki merupakan cerminan diri Anda yang bisa digali oleh representasi perusahan yang mewawancarai Anda. Jadi jangan pernah mengabaikan pertanyaan itu, membahas tren terbaru tentang jejaring sosial justru akan membuka sisi posotif pribadi Anda.

Menjelek-jelekkan Perusahaan Sebelumnya
Sikap positif yang telah Anda bangun dapat hilang jika Anda menjelek-jelekkan perusahaan yang sebelumnya mempekerjakan Anda. Pewawancara kerja mungkin hanya akan mendapatkan kesan negatif jika Anda melakukan hal demikian.

Advertisement

Mengabaikan Hobi
Anda mungkin berpikir hobi yang Anda minati tidak memiliki kaitan langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Tapi bisa jadi pewawancara kerja justru berpikir hobi yang Anda miliki menunjukkan beberapa keterampilan yang tersimpan dalam diri Anda. Maka, jangan pernah meremehkan pertanyaan terkait hobi Anda dengan menjawab asal-asalan.

Tak Mengetahui Profil Perusahaan
Inilah yang sering kali diabaikan oleh sebagian pelamar lowongan pekerjaan. Sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan jawaban atas pertanyaan mengenai pengetahuan dasar yang mestinya Anda ketahui tentang perusahaan yang hendak Anda masuki. Pengetahuan dasar tentang perusahaan bisa menjadi indikator seberapa besar minat Anda bekerja di perusahaan tersebut.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif