Lifestyle
Selasa, 15 April 2014 - 02:43 WIB

PENEMUAN BARU : Seberapa Jauh Ingatan Masa Kecil Anda? Peneliti Yakini Sebelum 3,5 Tahun...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Illustrasi kejadian di masa kanak-kanak (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar orang menganggap dapat mengingat kenangan masa kecil ketika usia mereka menginjak 3,5 tahun. Fakta terbaru mengungkapkan, manusia sebenarnya dapat mengingat masa kecil mereka jauh lebih awal daripada yang mereka pikirkan.

Dilansir Daily Mail, Jumat (11/4/2014), berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh beberapa peneliti, angka tersebut ternyata dipengaruhi oleh kesalahan dalam mengingat waktu kejadian yang mereka alami. Pada kenyataannya, mereka sebenarnya bisa mengingat kenangan lebih awal daripada apa yang sebenarnya mereka pikirkan.

Advertisement

Penelitian yang melibatkan anak-anak berusia 4 tahun hingga 13 tahun di New York, AS dan New York, Kanada tersebut meminta mereka untuk mengingat kenangan paling awal yang berhasil mereka ingat kepada tim peneliti. Tim peneliti lalu datang kembali 2 tahun kemudian dan bertanya lagi tentang kenangan paling awal yang berhasil mereka ingat.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa perkiraan kejadian yang mereka alami di masa kecil mengalami pergeseran seiring dengan semakin lama waktu berlalu. Inilah yang sebenarnya terjadi pada sebagian orang yang menganggap mereka hanya dapat mengenal kejadian yang mereka alami pada usia 3,5 tahun.

“Menggunakan perkiraan usia anak-anak sendiri sebagai referensi, kami menemukan bahwa memori waktu bergeser seiring dengan waktu yang semakin berlalu,” kata Qi Wang dari Cornell University, Amerika Serikat pada bidang Ilmu Perkembangan Psikologi.

Advertisement

Kesulitan dalam mengingat kenangan masa kecil merupakan sesuatu keadaan yang disebut dengan keadaan amnesia masa kecil. Peneliti meyakini bahwa hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan bayi dalam berbicara.

Menurut para peneliti, perbedaan jenis kelamin juga dapat mencerminkan perkembangan cerita di masa kanak-kanak hingga remaja awal. Anak-anak perempuan cenderung lebih banyak mengingat kisah hidup mereka lebih panjang dan lebih koheren daripada laki-laki.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif