Teknologi
Selasa, 15 April 2014 - 03:42 WIB

PENEMUAN ARKEOLOGI : 11 Mumi Misterius Abad Pertengahan Ditemukan di Siberia

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mumi misterius di Siberia yang diduga berasal dari abad pertengahan (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah akademisi dan arkeolog Rusia menyingkap rahasia misteri peradaban abad pertengahan setelah menemukan mumi yang diyakini hidup pada abad kesembilan. Sebelas mumi dalam kondisi yang hampir rusak ditemukan dengan mengenakan masker tembaga di kepala mereka.

Sebanyak 34 kuburan dangkal telah digali oleh arkeolog Zeleniy Yar di sekitar 18 km sebelah selatan Lingkar Kutub Utara, Siberia, Rusia. Berdasarkan hasil penggalian tersebut ia menemukan harta karun kecil berupa perhiasan dan artefak yang menunjukkan perdagangan penting pada sekitar 1 milenium lalu.

Advertisement

Menurut Siberian Times, pekuburan abad pertengahan yang berhasil ditemukan terdapat 11 mayat yang beberapa di antaranya telah hancur dan hilang serta beberapa tulang-tulang yang terlihat hancur. Lima mumi ditemukan tertutupi oleh tembaga, sementara beberapa mumi lainnya tertutup kulit rusa, berang-berang, serigala, dan beruang.

Di antara semua mumi yang ditemukan hanya terdapat satu anak perempuan yang wajahnya ditutup dengan pelat tembaga. Tak ada satu mumi pun yang dari kalangan wanita dewasa. Tiga mumi bayi laki-laki bertopeng ditemukan di dekatnya. Mereka tergabung dalam empat atau lima lingkaran tembaga dengan lebar hanya beberapa sentimeter.

Arkeolog dan para ahli belum mengetahui siapakah mumi-mumi yang berhasil mereka temukan itu. Ritual penguburan sejauh ini juga belum diketahui oleh mereka karena tak ada ciri khas yang berhasil ditemukan pada daerah dingin dan tak bersahabat tersebut.

Advertisement

Dilansir Daily Mail, Senin (14/4/2014), beberapa artefak yang ditemukan bersama mumi-mumi itu adalah mangkuk yang berdasarkan ciri-cirinya diduga berasal dari Persia pada abad X atau XI.  Sebuah pisau besi, medali perak, dan patung burung dari perunggu juga ditemukan di salah satu mumi dewasa yang dipercaya berasal dari abad IX.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif