Soloraya
Senin, 14 April 2014 - 03:33 WIB

UN SMA 2014 : Boks Soal UN Belum Dibuka, Solo Yakin Tak Kurang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi distribusi soal Ujian Nasional (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Panitia Ujian Nasional (UN) Kota Solo optimistis tidak ada kekurangan naskah soal pada UN tahun ini. Keyakinan itu muncul meskipun naskah dari provinsi masih berada di boks dan belum boleh dibuka.

”Saat kami terima kan kondisinya masih di dalam boks, jadi belum diketahui kondisi isinya. Tapi kami percaya, tidak ada kekurangan,” aku Ketua Panitia UN Solo Aryo Widyandoko saat ditemui di SMKN 2 Solo, Minggu (13/4/2014).

Advertisement

Dia mengatakan boks-boks naskah UN tersebut baru akan dibuka di masing-masing sub rayon. Itupun hanya sebatas membuka boks, bukan amplop naskah UN. Sedangkan pembukaan amplop naskah baru dapat dilakukan pada pelaksanaan UN.

Panitia UN Solo telah mendapatkan naskah UN dari provinsi pada Sabtu (12/4), dengan jumlah sekitar 208 boks. Naskah tersebut kemudian disimpan di SMKN 2 Solo. Sedangkan pada Minggu (13/4), naskah-naskah UN yang sebelumnya disimpan di gudang penyimpan rayon, didistribusikan ke sub rayon. Yaitu sub rayon SMA di SMAN 1, sub rayon 1 SMK di SMKN 2 Solo dan sub rayon 2 SMK di SMKN 6. Sedangkan untuk naskah UN untuk SMALB disimpan di SLB YKB, dan untuk naskah UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK) disimpa langsung di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Data yang diperoleh dari panitia UN Solo menyebutkan jumlah naskah UN yang diterima panitia tersebut terdiri dari 129 boks naskah UN SMA/MA, dua boks naskah UN SMA/MA susulan, empat boks naskah UN SMALB, satu boks naskah UN SMALB susulan, 64 boks naskah UN SMK, satu boks naskah UN SMK susulan, dan tujuh boks naskah UN Pendidikan Kesetaraan Paket C.

Advertisement

Sedangkan untuk data nominasi tetap (DNT) peserta UN SMA/SMK 2014 adalah 14.012 siswa. Jumlah tersebut terdiri atas 6.198 siswa dari 34 SMA dan lima MA, 7.802 siswa dari 48 SMK, dan 12 siswa dari empat SMALB. Untuk jumlah DNT peserta UNPK Paket C sebanyak 255 orang.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS), Djoko Riyanto, mengatakan selama ini proses persiapan pelaksanaan UN SMA/SMK sudah cukup baik. “Sejauh ini sudah bagus. Lokasi penyimpanannya, pengamanannya, dan sebagainya,” ujar dia saat ditemui Solopos.com, Sabtu (12/4). Namun begitu pihaknya tetap akan memantau saat pelaksanaan UN. DPKS berharap pelaksanaan UN tahun ini berjalan lancar, aman, jujur, dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif