Jogja
Senin, 14 April 2014 - 16:19 WIB

UAN 2014 : Siswa SMK Tamansiswa Nanggulan Makan Bersama Sebelum Ujian

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO  – Sejumlah sekolah di Kulonprogo melakukan beragam cara menyukseskan penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional (UAN), 14 – 16 April ini.

SMK Tamansiswa Nanggulan mengadakan kegiatan makan bersama bagi 134 siswa, peserta UN. Kepala Sekolah SMK Tamansiswa Nanggulan, Mudjijono mengatakan, dalam kegiatan makan bersama, sekolah menyediakan makanan kecil berupa snack berikut minuman teh panas.

Advertisement

Hal itu bertujuan, untuk membekali siswa sebelum mengerjakan soal ujian, apalagi jika ada yang belum sempat sarapan pagi di rumah.

Untuk mengikuti kegiatan makan bersama, para siswa diminta datang ke sekolah tepat pukul 07.00.

“Kami siapkan minum dan snack ala kadarnya, mengantisipasi andaikata siswa (belum sarapan) karena (berangkat) tergesa-gesa”, ujarnya kepada wartawan, Senin (14/4/2014).

Advertisement

Rencananya, selama tiga hari berturut-turut selama UN berlangsung kegiatan makan bersama di sekolah itu akan terus dilakukan. Tujuannya tentu saja agar siswa hanya berkonsentrasi pada UN, tidak memikirkan hal lain termasuk persiapan sarapan di rumah yang dapat menyita waktu.

Selain membekali siswa dengan makan minum, sekolah kata Mudjijono juga membekali siswa alat tulis berupa pensil dan penghapus. Selain itu sekolah juga membekali siswa dengan kartu ujian sebelum mereka masuk ruang ujian.

Untuk kartu ujian, dibagikan setiap hari selama berlangsungnya ujian, harus diambil setiap pagi, saat selesai ujian harus dikembalikan ke sekolah.

Advertisement

Pembagian kartu ujian, dilayani seorang guru pembimbing, untuk dua ruang kelas. “Ini menghindari jika siswa terlupa membawa saat ujian berlangsung”, imbuhnya.

Mujiono menegaskan, upaya pelayanan yang diberikan sekolah diharapkan mampu menyemangati siswa dalam mengikuti ujian, sehingga bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif