Jogja
Senin, 14 April 2014 - 19:30 WIB

UAN 2014 : 36 Siswa di Gunungkidul Dikarantina

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sebanyak 36 siswa peserta Ujian Akhir Nasional (UAN) di Gunungkidul dikarantina selama proses ujian tersebut. Upaya karantina tersebut agar siwa tidak terlambat datang ke sekolah.

Sekolah yang menerapkan sitem karantina adalah SMA Pembangunan 4 Playen sebanyak 20 siswa dan SMK Ma’arif Playen sebanyak 16 siswa.

Advertisement

Kepala Sekolah SMA Pembangunan 4 Sarono mengatakan, sistem karantina untuk siswanya selama empat hari tiga malam  diakuinya untuk memperlancar proses UN. Sebagian besar siswa SMA 4 Pembangunan rumahnya berjauhan dengan sekolah. “Supaya UN lancar tidak ada yang terlambat,” kata Sarono, Senin (14/4/2014).

Selama proses karantina, peserta UN juga dapat pelajaran tambahan berkaitan dengan UN dari guru-guru yang dipersiapkan pihak sekolah. Tidak hanya mendapatkan pelajaran tambahan, namun peserta UN itu juga dilatih mental dan spiritual layaknya pendidikan pondok pesantren.

“Ya tidak jauh berbeda dengan sistem pondok pesantren,” ucap Sarono.

Advertisement

Sarono berharap dengan sistem karantina, hasil UN juga meningkat. Diakui Sarono, karantina peserta UN sudah diberlakukan di sekolahnya dan semua siswa bisa lulus UN 100 persen pada tahun lalu.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bahron Rosyid mengatakan, tidak ada kebijakan selama proses UN untuk mengkarantina siswa di sekolah. “Tapi kita tidak ada larangan juga,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif