Sport
Senin, 14 April 2014 - 12:02 WIB

MOTOGP AUSTIN 2014 : Valentino Rossi Sebut Masalah Ban Jadi Penyebab Kegagalan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi pada balapan di Austin. JIBI/Ist/Dok

Solopos.com, AUSTIN — Valentino Rossi menyebut masalah ban depan motornya membuat performanya dalam balapan Austin kurang maksimal. The Doctor pun melorot di posisi ke delapan.

Rossi mengawali lomba di Circuit of The Americas, Senin (14/4/2014) dinihari WIB, dari posisi keenam. Sempat terlempar ke posisi kesembilan seusai start, Rossi mampu mengejar lawan-lawan di depannya dan hanya dalam beberapa lap dia sudah berada di posisi keempat. Pada pertengahan balapan, Rossi sempat berduel dengan Andrea Iannone untuk memperebutkan posisi ketiga.

Advertisement

Namun, bukannya merebut posisi ketiga, Rossi malah kehilangan kecepatannya. Posisi pebalap Yamaha itu terus melorot dan dia akhirnya menyentuh garis finis di posisi kedelapan.

“Ban depan di sisi kanan benar-benar hancur. Saya mengalami masalah yang sama sepanjang akhir pekan, tapi tidak separah ini,” ujar Rossi di Crash seperti dikutip detiksport.

“Pagi ini kami membuat langkah yang bagus dan dengan ban yang telah dipakai saya bisa menuntaskan semua sesi pemanasan. Jadi, kami cukup positif,” lanjutnya.

Advertisement

“Sayangnya, setelah tujuh atau delapan lap, ban depan mulai aus dan saya harus melaju tiga detik lebih lambat,” kata Rossi.

Rossi menambahkan, insiden jump start yang dilakukan oleh rekan setimnya Jorge Lorenzo juga sempat mengganggu fokusnya. Akan tetapi, dia masih yakin bisa naik podium andai ban motornya tak bermasalah.

“Dengan kesalahan yang dibuat Jorge sayangnya saya kehilangan momen. Itu agak menakutkan. Saya berpikir ‘f**k apa yang terjadi?’ kemudian lampu (di garis start) padam. Saya banyak melintir di sisi kotor trek dan membuat start yang buruk sekali,” jelasnya.

Advertisement

“Saya pikir saya bisa saja meraih posisi ketiga kalau tidak ada masalah ban. Sangat disayangkan kehilangan poin di dalam kejuaraan,” kata Rossi.

Rossi saat ini menduduki posisi ketiga di klasemen pebalap dengan 28 poin. Dia berada di bawah dua pebalap Honda, yakni Marc Marquez (50 poin) dan Dani Pedrosa (36 poin).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif