Soloraya
Senin, 14 April 2014 - 05:40 WIB

INFO BELANJA : Harga Cabai Anjlok, Bawang Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SUKOHARJO — Harga cabai rawit jenis sret merah di pasar darurat Pasar Ir. Soekarno, Sukoharjo anjlok dari Rp60.000/kg menjadi Rp45.000/kg dalam waktu sepekan terakhir. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah pedagang bingung menentukan margin keuntungan.

“Harga cabai antara bakul satu dengan lainnya memang tidak seragam. Kalau saya sekarang menjual Rp37.000 per kilogram. Tetapi enggak tahu jam berikutnya apa naik, apa turun? Soalnya hampir setiap jam harga cabai bisa berubah,” ujar salah seorang pedagang bumbu dapur, Ny. Sabar, 60, ketika ditemui wartawan di sela-sela melayani pembeli, Sabtu (12/4/2014).

Advertisement

Menurut dia, harga cabai sret merah akhir-akhir ini cenderung fluktuatif. Fluktuasi harga juga dialami cabai jenis lainnya seperti cabai tampar, cabai hijau botol (cabai rawit hijau) dan sebagainya. Namun harga beberapa jenis cabai tersebut tidak sefluktuatif harga cabai sret merah.

Dia lalu mencontohkan untuk harga cabai hijau botol yang beberapa pekan sebelumnya dijual Rp24.000/kg, pada Sabtu lalu dijual Rp18.000/kg. Kendati bingung menentukan harga jual, dia juga mengaku bersyukur harga cabai yang banyak dicari konsumen turun. Dengan demikian omzet penjualan cabai meningkat dibanding saat harga cabai tinggi.

Pedagang bumbu dapur lainnya, Tentrem, 56, saat ditemui Sabtu lalu, juga mengakui adanya penurunan harga cabai sret merah. Dia mematok harga cabai itu Rp45.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga bumbu dapur lainnya seperti bawang merah dan bawang putih cenderung stabil. Bawang merah basah dia jual Rp13.000/kg sedangkan bawang merah kering dijualnya seharga Rp15.000/kg.

Advertisement

“Kalau untuk bawang putih saya biasa menjual Rp12.000 per kilogram. Untuk jenis bawang memang relatif stabil sehingga kami mudah menentukan harga jual,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif