Soloraya
Senin, 14 April 2014 - 06:15 WIB

HASIL PEMILU SOLORAYA : PDIP Boyolali Rebut 26 Kursi DPRD

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga memberikan hak suaranya saat digelar pemilihan ulang untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 DPRD Kabupaten Sragen di TPS 7 Desa Gabugan, Tanon, Kamis (10/4). Pemilihan ulang dilakukan lantaran saat pileg digelar, Rabu (9/4), terdapat kesalahan surat suara di sejumlah TPS di Gabugan. (JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, BOYOLALI—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diproyeksikan menguasai perolehan kursi di DPRD Boyolali. Tak tanggung-tanggung, Ketua DPC PDIP Boyolali, S.Paryanto, bahkan memastikan bahwa minimal PDIP bakal menduduki 26 kursi di DPRD Boyolali.

Perolehan ini melesat tajam dari jumlah kursi PDIP saat ini yang hanya 14 kursi.

Advertisement

Saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/4/2014), Paryanto menjelaskan dari proyeksi perolehan 26 kursi itu, delapan di antaranya adalah incumbent.  Delapan orang incumbent  yang dipastikan melenggang kembali ke gedung dewan di antaranya, S.Paryanto, Agung Supardi, Eka Wardaya, Agus Wiyono, Gatot Widodo, Joko Maryanto, Nugroho dan Dwi Adi Agung Nugroho.

Sementara, empat incumbent lain dari PDIP yang juga maju dalam pemilu kali ini masih harus berhitung-hitung dengan sisa suara, sehingga belum bisa dipastikan. “Tetapi, dari 26 kursi yang kami proyeksikan itu, tentu mayoritas wajah baru,” ujar dia.

Advertisement

Sementara, empat incumbent lain dari PDIP yang juga maju dalam pemilu kali ini masih harus berhitung-hitung dengan sisa suara, sehingga belum bisa dipastikan. “Tetapi, dari 26 kursi yang kami proyeksikan itu, tentu mayoritas wajah baru,” ujar dia.

Dia menyebutkan, berdasar hitungan cepat di internal PDIP Boyolali, diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat di Boyolali memberikan hak suaranya cukup tinggi. Sehingga, Paryanto juga mengakui harga kursi di DPRD Boyolali kali ini sangat mahal. Suara sah berdasar perhitungan sementara cukup tinggi mencapai kisaran 70% sementara tingkat partisipasi per daerah pemilihan (dapil) bisa mencapai rata-rata 80%.

“Secara makro akumulasi suara, yakni suara caleg dan suara partai, kami bisa mendapatkan suara hingga 333.000 sekian. Sehingga, dengan memperhitungkan bilangan pembagi pemilih (BPP) yang ada, insyaallah kami bisa dapat 26 kursi,” terang dia.

Advertisement

Diakuinya, caleg PDIP di lima dapil di Boyolali mayoritas mampu menembus angka BPP. Sehingga wajar, jika di setiap dapil PDIP bisa meraup antara lima bahkan tujuh kursi. “Kalau di PDIP, dapat suara 5.000 itu masih dalam posisi khawatir. Mungkin kalau caleg partai lain dapat angka segitu sudah juara.”

Ketua DPD Golkar Boyolali, Fuadi, memproyeksikan periode ini Golkar hanya bisa meraih 6 kursi, atau turun dari periode 2009-2014 yang mencapai 8 kursi. Dari enam kursi yang kemungkinan diraih, mayoritas adalah wajah lama. Wajah baru hanya satu orang yakni Hanung Kusumo Prabowo. Sisanya, Fuadi, Sriyadi, Agus Ali Rosyidi, Edi Nirmolo dan Diana Kristianingrum.

Menurut Sriyadi, hampir di semua dapil Golkar hanya mampu mendulang satu kursi kecuali di dapil 1 yang bisa mendapatkan dua kursi. “Potensi suara kami turun drastis di wilayah dapil 2 dan dapil 3,” imbuh Sriyadi.

Advertisement

Ketua DPD PKS Boyolali, Syaifudin, optimistis PKS bisa mendapatkan lima kursi di DPRD Boyolali, atau naik dari kursi saat ini yang hanya empat kursi. “Memang butuh perjuangan berat. Tapi dari perolehan suara sementara, PKS bisa berada di urutan kedua khususnya di dapil 5 dan dapil 2. Di dapil 3 kami urutan ketiga.”

Soal siapa-siapa yang bakal kembali ke gedung dewan, Syaifudin baru memastikan satu wakil incumbent  Tugiman dari dapil 3. “Yang lainnya belum bisa kami proyeksikan karena kami masih menghimpun dulu suara partai.”

Ketua Pengkaderan DPC Gerindra Boyolali, Warjono, menyebutkan pemilu kali ini Gerindra diperkirakan bakal meraup tiga kursi. Perolehan ini terhitung naik signifikan karena sebelumnya Gerindra tak punya wakil di DPRD Boyolali. “Yang pasti tiga kursi sudah kami kantongi. Kami masih berharap dengan sisa kursi yang ada saat ini bisa bertambah satu lagi,” ujar Warjono.  

Advertisement

PKB dan PAN, untuk sementara ini sama-sama memproyeksikan bakal meraih tiga kursi di DPRD Boyolali. “Kemungkinan di dapil 3, dapil 5 dan dapil 1 kami bisa ambil satu kursi,” ujar Ketua PKB Boyolali, Muhajirin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif