News
Minggu, 13 April 2014 - 04:31 WIB

KISAH UNIK : Cangkir Kuno dari Dinasti Ming Terjual Rp413 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cangkir dari Dinasti Min (news.com.au)

Solopos.com, SOLO – Cangkir kuno yang dipercaya berasal dari dinasti Ming China terjual dengan harga fantastis. Cangkir yang disebut-sebut sebagai cawan suci dunia seni China tersebut terjual Rp413 miliar oleh seorang kolektor kaya dari Kota Shanghai China.

Cangkir berwarna putih bercorak khas abad ke-15 ini tergolong mungil karena hanya berdiameter 8 cm. Cawan ini juga dikenal dengan istilah cangkir ayam karena cangkir tersebut dihiasi dengan gambar ayam jantan dari peliharaan pribadi mereka. Sang perusahan pialang, Sotheby menggambarkan cangkir tersebut memiliki sisi yang sempurna dengan keadaan kehidupan nyata.

Advertisement

Dikutip news.com.au, Kamis (10/4/2014), cangkir tersebut dibuat pada masa pemerintahan Dinasti Ming Kaisar Chenghua yang memerintah pada tahun 1465-1487 M. Sotheby juga mengatakan bahwa cangkir serupa hanya ada sebanyak 17 cangkir, 4 cangkir berada di tangan swasta sedangkan sisanya ada di museum.

“Tidak ada benda yang lebih legendaris dalam sejarah porselen China. Ini benar-benar cawan suci ketika dihadapkan dalam seni China,”kata Nicholas Chow, wakil ketua Sotheby.

Beberapa catatan yang berhasil ukir pada penjualan musim semi di Hong Kong tersebut sekaligus menambah tren harga-harga selangit dalam dunia seni. Hal itu didorong oleh pembeli baru dari kalangan super kaya di China dan negara-negara berkembang lainnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif