Soloraya
Minggu, 28 April 2024 - 13:21 WIB

Komitmen Investasi di Solo, Nvidia dan Indosat Targetkan 1 Juta Orang Kuasai AI

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Shopee Creative and Innovation Hub di Solo Technopark menampung berbagai tenant bisnis. Foto diambil Senin (6/2/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO– Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison telah bertemu dengan Pemkot Solo untuk tindak lanjut rencana investasi. Mereka memiliki misi membentuk 1 juta orang menguasai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Sekda Solo Budi Murtono menjelaskan Pemkot Solo sudah menerima kunjungan perwakilan dari Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison di Solo baru-baru ini. Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison ingin membangun pusat pengembangan AI di Indonesia, salah satunya di Kota Solo.

Advertisement

“Target mereka dalam sekian tahun membentuk 1 juta orang yang menguasai AI. Dari 1 juta itu minimal 300.000 orang punya sertifikasi internasional,” jelas BM, sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).

Dia menjelaskan Pemkot Solo baru melakukan penjajakan dengan calon investor. Belum ada pembahasan berapa banyak nilai investasi untuk pusat pengembangan AI di Kota Solo. “Istilahnya baru kulo nuwun,” ungkap dia.

Advertisement

Dia menjelaskan Pemkot Solo baru melakukan penjajakan dengan calon investor. Belum ada pembahasan berapa banyak nilai investasi untuk pusat pengembangan AI di Kota Solo. “Istilahnya baru kulo nuwun,” ungkap dia.

Menurut dia, Pemkot Solo memiliki lahan terbatas. Apabila Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison membutuhkan lahan yang tidak luas untuk untuk pusat pengembangan AI, Pemkot Solo menawarkan di Solo Technopark.

Apabila investor membutuhkan lahan lainya di Kota Solo, Pemkot Solo bisa menyampaikan kepada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo untuk kerja sama. “Lokasi di Kota Solo tapi tidak harus Pemkot Solo,” papar dia.

Advertisement

Menurut dia, target realisasi investasi di Kota Solo 2024 meningkat 100 persen dari target tahun lalu. Realisasi investasi di Kota Solo 2023 sebanyak Rp917.758.926.569 dari target Rp600 miliar.

“Dengan target yang meningkat, kami akan lebih masif lagi supaya realisasi investasi mencapai target,” ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyambut baik komitmen perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat Nvidia dalam membangun Indonesian Artificial Intelligence Nation.

Advertisement

Menurut dia, Nvidia bekerja sama dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk berencana akan membangun Pusat AI di Solo Technopark, tahun ini. Konsep pembangunan Pusat AI di Solo bermuara pada infrastruktur telekomunikasi dan sumberdaya manusia atau talenta digital.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD200 juta atau Rp3 Triliun untuk membangun Indonesia AI Nation,” kata dia melalui laman resmi Kemkominfo, Rabu (03/04/2024).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif