Teknologi
Sabtu, 12 April 2014 - 23:01 WIB

KISAH MISTERI : 7 Jadi Angka Populer di Dunia, Ini Alasannya!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi angka 7 (aninvitinghome.com)

Solopos.com, SOLO – Sebuah survei online yang diikuti lebih dari 44.000 orang menunjukkan angka 7 sebagai angka paling populer di dunia. Sedangkan angka 3 dan 8 menempati urutan kedua dan ketiga. Lalu apa arti angka tersebut? Mengapa angka 7 dinilai menjadi angka paling populer di dunia?

Dilansir Daily Mail, Kamis (10/4/2014), di China angka 7 dianggap sebagai akan keberuntungan karena mirip dengan kata-kata China yang berarti bangun dan hidup. Angka 7 juga dianggap memiliki simbol kebersamaan dan itu berarti dipandang sebagai pertanda baik dalam hubungan.

Advertisement

Secara tradisi nomor 6 mewakili umat manusia, sedangkan nomor 7 dipandang sebagai pusat kemanusiaan dalam hubungannya dengan sang pencipta. Nomor 7 merupakan jumlah alam semesta serta jumlah langit.

Tak hanya itu, nomor 7 juga seringkali dikaitkan dengan berbagai sejarah dan budaya. Misalnya ada 7 keajaiban dunia, ada 7 hari dalam seminggu, 7 lingkaran alam semesta, 7 dosa mematikan dan 7 dasar tangga musik.

Menyangkut soal agama, dalam ajaran Budha angka 7 adalah suatu bentuk tingkatan kesucian yang telah dimiliki oleh Sang Budha. Sementara Kristen, Tuhan diwakili oleh sinar ke-7 di tengah sinar penciptaan. Tradisi di Ibrani membuat angka 7 sebagai jumlah intelegen dan angka 7 pula yang mereka gunakan untuk memperingati hari suci di Yahudi.

Advertisement

Sang penggagas survei yang berbasis di London Inggris, Alex Bellos mengatakan pemikirannya terkait hasil survei yang telah ia lakukan. Menurutnya populernya angka 7 bisa jadi karena latar belakang sejarah kehidupan manusia yang belum diketahui tapi alasan yang menurutnya sangat masuk akal adalah karena nomor 7 merupakan nomor yang unik.

“Alasan mengapa orang memberikan penghormatan untuk angka 7 adalah konstan sepanjang sejarah manusia tidak pernah bisa diketahui, tapi bagi saya satu satunya alasan yang kredibel adalah karena sifat numerik yang unik,” kata Alex.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif