News
Jumat, 11 April 2014 - 20:30 WIB

Peneliti Harvard Klaim Temukan Bukti Yesus Punya Istri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Papirus yang diduga dari zaman Yesus (gizmodo.com)

Solopos.com, SOLO — Perdebatan apakah Yesus memiliki istri masih berlangsung hingga ini. Setelah sempat menuai pro dan kontra, sebuah penelitian gabungan dari sejumlah universitas terkemuka mengungkap temuan menarik. Dalam sebuah naskah papirus kuno, terungkap kalimat yang menjadi dasar dugaan bahwa Yesus ternyata memiliki seorang istri.

Seperti dilaporkan Livescience, Jumat (11/4/2014), hasil penelitian itu diterbitkan di internet oleh Harvard Theological Review, Kamis (10/4/2014). Kelompok peneliti gabungan dari Harvard University, Columbia University, dan Massachusetts Institute of Technology, menyatakan hasil penelitian mereka bahwa papirus itu otentik dan tidak palsu.

Advertisement

Papirus yang diduga dari zaman Yesus (Dailymail.co.uk)

Klaim ini bahkan dikuatkan dengan pernyataan pihak Vatikan. Dengan menggunakan scanner carbon, diperkirakan papyrus tersebut dibuat pada abad kedelapan.

Namun sejarawan dari sekolah teologi Harvard, Karen King, menyatakan pendapat lain. Doa mengatakan teks itu hanya menunjukkan bahwa sejumlah umat Kristiani zaman dulu membicarakan tentang peranan wanita dan perkawinan dalam gereja.

Advertisement

Potongan papyrus ini diumumkan dalam konferensi para akademisi pada 2012. Papirus itu ditulis berabad-abad setelah Yesus meninggal dan kesalahan tata bahasa di papirus itu menunjukkan penulisnya hanya mengenyam sekolah dasar.

Dalam secarik papyrus tersebut tertulis “Gospel of Jesus’s Wife” atau “Yesus berkata kepada mereka, ‘Istriku …’.”

Dari perdebatan tersebut, akhirnya banyak peneliti dan ahli tafsir termasuk pakar bahasa mencoba meneliti dan mengkajinya lebih lanjut. Hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja, akhirnya diumumkan bahwa keabsahan papyrus yang nyatakan bahwa Yesus pernah menikah patut dipertanyakan dan dinyatakan tidak otentik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif