Foto
Jumat, 11 April 2014 - 20:43 WIB

HASIL QUICK COUNT PEMILU : PDIP Rebut 5 Kursi di Dapil I Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua kader PDIP Sukoharjo mengerjakan penghitungan suara manual di Gedung DPC PDIP Sukohajo, Jumat (11/4/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Berdasar perolehan suara sementara dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Sukoharjo yang meliputi Kecamatan Sukoharjo, Nguter dan Bendosari yang penghitungannya selesai, Jumat (11/4/2014), PDIP berhasil merebut lima kursi di DPRD Sukoharjo. Berdasarkan data di internal DPC PDIP, perolehan partai moncong putih mencapai 47.397 suara.

“Berdasar hitungan yang kami lakukan dari sumber formulir C1, Dapil I kami meraih lima kursi dengan menyisakan suara sekitar 2.000-an,” ungkap Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Kantor DPC Jombor, Sukoharjo, Jumat (11/4/2014).

Advertisement

Dari lima kursi itu dua di antaranya caleg incumbent dan sisanya merupakan pendatang baru. Kendati demikian, Wardoyo tetap meminta menunggu hasil pleno dari KPU.

Meskipun data yang diperoleh PDIP tersebut bisa belum final, namun bisa dipertanggungjawabkan. Terkait dengan perolehan kursi di dapil lain, utamanya di DPRD, Wardoyo mengatakan jika melihat data yang ada pada internal partainya maka hasilnya diakui cukup menggembirakan.

Bupati Sukoharjo itu menjelaskan saat ini Fraksi PDIP DPRD Sukoharjo dihuni 19 anggota. Dari jumlah itu 18 anggota di antaranya kembali maju mencalonkan diri sebagai caleg dan satu absen. Dari 18 caleg tersebut diperkirakan 15 orang berhasil lolos. “Tetapi berdasarkan data kami nanti akan ada delapan pendatang baru,” ungkap dia.

Advertisement

Sementara itu, salah seorang anggota DPRD dari FPDIP Sukardi Budi Martono yang ditemui mengaku bersyukur dirinya bisa kembali masuk ke Gedung DPRD Sukoharjo. Menurut dia, dapilnya di Grogol dinilai merupakan dapil keras.

“Nanti kemungkinan besar anggota DPRD Sukoharjo akan didominasi para Srikandi. Karena berdasar kalkulasi sementara menunjukkan kecenderungan tersebut,” terang dia.

Secara terpisah salah seorang anggota DPRD dari PKS, Samrodin, yang mencalonkan lagi menjadi calon anggota lembaga legislatif pada Pemilu 2014 ini mengaku optimistis lolos. Namun dia mengaku belum tahu nasib tiga rekannya yang juga anggota DPRD Sukoharjo, yakni Hasman Budiadi, Sunarno dan Rokhmad Sidik Pramana yang bertarung di dapil lain.

Advertisement

“Kalau saya yang maju dari dapil III, alhamdulillah besar kemungkinan bisa lolos masuk ke Gedung DPRD Sukoharjo lagi. Tetapi kalau rekan-rekan yang lainnya belum tahu. Karena sekarang penghitungan suara belum selesai,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif