News
Kamis, 10 April 2014 - 15:15 WIB

PESAWAT KEPRESIDENAN : Mensesneg: Pesawat Kepresidenan akan Menghemat Anggaran

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi mengatakan penggunaan pesawat kepresidenan bakal menghemat anggaran negara.

“Dari sisi anggaran negara, penggunaan pesawat kepresidenan jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan pesawat komersial,” katanya dalam acara penerimaan pesawat kepresidenan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (8/4/2014).

Advertisement

Berdasarkan perhitungan pemerintah, kata Sudi, penggunaan pesawat kepresidenan bisa menghemat anggaran negara Rp114,2 miliar per tahun. Penggunaan pesawat khusus kepresidenan, menurut dia, juga tidak akan mengganggu jadwal dan kinerja maskapai penerbangan komersial.

Selama ini Presiden melakukan perjalanan menggunakan pesawat komersial sewaan dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia. “Selama ini perusahaan penerbangan harus mengatur ulang jadwal penerbangannya apabila ada tugas-tugas kenegaraan yang mengharuskan menggunakan pesawat bagi perjalanan dinas Presiden,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa sebagai negara besar, Indonesia akan lebih bangga bila Presiden menggunakan pesawat khusus kepresidenan untuk mendukung tugas konstitusional presiden. “Kali pertama setelah lebih dari 60 tahun, Indonesia memiliki pesawat kepresidenan sendiri,” ucapnya.

Advertisement

TNI Angkatan Udara akan mengoperasikan pesawat kepresidenan, yang ketika tidak digunakan akan ditempatkan di hanggar TNI Angkatan Udara. Sementara perawatan serta pemeliharaan akan dilakukan oleh Garuda Indonesia serta biaya perawatan dan pemeliharaannya dikelola Kementerian Sekretariat Negara.

“Pastikan anggaran dikelola dengan transparan dan akuntabel agar penggunaan benar-benar efisien dan efektif,” kata Sudi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif