Soloraya
Kamis, 10 April 2014 - 18:18 WIB

HASIL PEMILU SOLORAYA : 4 Legislator Petahana Tumbang di Dapil I Sragen

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2014 (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Empat calon legislator petahana (incumbent) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Sragen, Sidoharjo dan Masaran, terlempar dari kursi DPRD Sragen. Keempat legislator tersebut adalah Sukamto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Supardi dari Partai Gerindra, Aris Surawan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Surya Harry Wibawa dari Partai Demokrat.

Perhitungan terlemparnya empat caleg petahana tersebut diperoleh Solopos.com dari Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Sementara Pemilihan Anggota Legislatif Kabupaten Sragen dari PDE Pemkab Sragen, Kamis (10/4/2014). Pada Kamis siang, PDE Sragen merilis perolehan suara dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Dapil I sebanyak 509 TPS.

Advertisement

Dari angka yang masuk, diperoleh bilangan pembagi pemilih (BPP) sebesar 11.593 suara. Artinya, satu kursi DPRD Sragen seharga 11.593 suara. Setelah dihitung, PDIP yang mendapatkan total suara 29.056 suara, berhak atas dua kursi. Sisa suara PDIP sebanyak 5.870 suara tidak berhak atas satu kursi DPRD lantaran kalah banyak dengan suara parpol lain. Parpol tersebut yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapatkan 11.334 suara, Partai Demokrat 7.817 suara, Partai Hanura 6.904 suara dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6.753 suara. Masing-masing parpol tersebut berhak atas satu kursi DPRD Sragen.

Empat kursi tersisa di Dapil I diisi oleh Partai Golkar dua kursi, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing satu kursi. Dibandingkan perolehan kursi Pemilu 2009, Partai Golkar berhasil menambah satu kursi DPRD Sragen dari Dapil I.
Sedangkan perolehan kursi PDIP di Dapil I menyusut dari tiga kursi menjadi dua kursi. Penyusutan perolehan kursi di Dapil I juga dialami Partai Demokrat yang sebelumnya mendapat dua kursi. Namun Partai Hanura yang sebelumnya nihil kursi, berhasil mendapatkan satu kursi.

Secara aturan pembagian kursi di tingkat parpol, caleg yang berhak atas kursi DPRD yaitu yang mendapatkan perolehan suara terbanyak. Dari data PDE Pemkab Sragen, caleg dari PDIP yang memperoleh suara terbanyak di Dapil I yaitu Sugiyamto 9.557 suara dan Suparno 3.850 suara.

Advertisement

Sedangkan Sukamto yang merupakan caleg petahana mendapatkan 3.575 suara. Caleg petahana lain yang tumbang yakni Supardi dari Partai Gerindra. Dia mendapatkan 3.444 suara, kalah dari rekan separtainya, Wahyu Dwi Setyaningrum yang mendapatkan 4.035 suara.

Sementara itu, caleg PKS yang tumbang adalah Aris Surawan yang mendapatkan 3.012 suara. Dia kalah dari koleganya, Dedy Endriyatno, dengan 3.507 suara. Yang terakhir, caleg petahana Partai Demokrat Surya Harry Wibawa dengan 2.718 suara. Dia kalah suara dari koleganya, Harmono yang mendapatkan 3.668 suara.

Caleg petahana dari PKS, Aris Surawan, saat dihubungi Solopos.com, menyatakan ketentuan Tuhan yang terbaik. Dia meyakini ada hikmah di balik tidak terpilihnya kembali dirinya sebagai legislator Sragen. “Insya Allah saya akan tetap berjuang untuk rakyat walau tidak lagi di parlemen. Saya juga yakin Pak Dedy rekan saya meempunyai kapasitas, integritas dan kapabilitas lebih dari saya. Sehingga masyarakat Sragen khususnya di Dapil I tidak akan kehilangan figur saya,” urai dia.

Advertisement

Caleg Dapil I yang mendapatkan kursi DPRD Sragen

1. PDIP 1. Sugiyamto
2. Suparno
2. Partai Golkar 1. Pujono Elli Bayu Effendi
2. Edy Harjono
3. Partai Gerindra 1. Wahyu Dwi Setyaningrum
4. PKS 1. Dedy Endriyatno
5. PKB 1. Fathurrohman
6. Partai Demokrat 1. Harmono
7. Partai Hanura 1. Dwi Agus Setyani
8. PAN 1. Purwanto

Sumber: PDE Pemkab Sragen (kur)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif