News
Rabu, 9 April 2014 - 19:00 WIB

PEMILU 2014 : Puan Maharani Nyatakan Kemenangan PDIP

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Puan Maharani.(Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menyatakan kemenangan dalam pemungutan suara pemilihan calon anggota lembaga legislatif (caleg) Pemilu 2014. Pidato kemenangan disampaikan di hadapan pers oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu Puan Maharani dengan didampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Rabu (9/4/2014) malam.

Keduanya, sejak petang, telah menunjukkan rasa haru dengan berpelukan ketika menyaksikan hasil hitung cepat pemungutan suara pemilihan caleg di rumah Megawati, Kebagusan Jakarta, Rabu petang. Ketika operator yang menayangkan hasil hitung cepat bertuliskan, “Selamat PDI Perjuangan Pemenang Pemilu Lagislatif 2014,” Puan Maharani segera berdiri dan menghampiri Megawati yang duduk tidak jauh dari dirinya.

Advertisement

Puan segera memeluk ibundanya itu, sedangkan Megawati sempat mengelus-elus pundak Puan sejenak. Megawati kemudian masuk ruang utama rumahnya. Puan Maharani tampak menitikkan air mata, akan tetapi wajahnya nampak ceria. Puan kemudian menyusul Megawati masuk ke rumah utamanya.

Pada saat operator menampilkan tulisan, “Selamat PDI Perjuangan Pemenang Pemilu Lagislatif 2014” di teras samping rumah Megawati itu sesungguhnya hasil hitung cepat oleh lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), data yang baru masuk sekitar 75% dari sampel 2.000 tempat pemungutan di seluruh Indonesia.

Setelah Megawati dan Puan Maharani masuk ruang utama rumah tersebut, hasil hitung cepat di layar lebar terus dilanjutkan. Hasil hitung cepat JSI hingga data masuk 75%, PDI Perjuangan di posisi teratas dengan perolehan suara 18,84%.Di posisi kedua, Partai Golkar meraih suara 15,69 persen, berikutnya Partai Gerindra 11,56 persen, PKB 9,98 persen, dan Partai Demokrat 9,41 persen.

Advertisement

Kendati unggul 18,84% sejatinya capaian itu meleset dari target PDIP yang dirumuskan sebelumnya, yakni 27%.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif