News
Rabu, 9 April 2014 - 18:54 WIB

HASIL QUICK COUNT PEMILU : PDIP Gagal Capai 20%, Ini Kata Jokowi Soal Peluangnya di Pilpres

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Solopos.com, SOLO — PDIP akhirnya meraih perolehan suara terbanyak versi hitung cepat atau quick count yang digelar Metro TV dan Indikator Politik Indonesia, Rabu (9/4/2014). Hasil itu membuat PDIP sulit mencapai presidential threshold (20% kursi DPR atau 25% suara pemilu legislatif) yang memungkinkan partai itu mencalonkan capres-cawapres tanpa koalisi.

Beberapa pengamat politik menyebut hal ini sebagai kejutan mengingat PDIP menargetkan perolehan suara mencapai 27%. Hal ini membuka peluang koalisi PDIP dengan partai lain menjelang Pilpres 2014. Meski demikian, capres dari PDIP, Joko Widodo alias Jokowi, mengaku masih percaya diri.

Advertisement

“Ini pertarungan di caleg, pertarungan keras sekali di akar rumput. Jadi pertarungan itu menyebabkan rakyat digiring untuk memberi pilihan seperti kehendak caleg-caleg. Di pilpres nanti akan berbeda,” kata Jokowi saat ditanya Najwa Shihab di Metro TV, Rabu petang. “Yang di pilpres adalah tokohnya, ada 6.600 caleg. Kalau ini [pilpres] bisa dua atau tiga, maksimal empat [pasangan calon].”

Menanggapi soal hasil quick count yang menempatkan PDIP hanya terpaut beberapa persen di atas perolehan Golkar, Jokowi mengatakan hal ini harus disyukuri. “Kita patut bersyukur, alhamdulillah rakyat memberikan ke[perayaan pada PDIP di posisi pertama. harus disyukuri. Semua partai pasti targetnya tinggi-tinggi, tapi sekarang rakyat sudah memberikan pilihan dan tetap kita syukuri. Kita tetap berikan penghargaan.”

Berikut hasil quick count Metro TV dan Indikator Politik Indonesia:

Advertisement
Partai Perolehan Suara (%)
PDIP 19.07
Partai Golkar 14.44
Partai Gerindra 12.31
Partai Demokrat 9.7
PKB 8.98
PAN 7.34
Partai Nasdem 6.97
PKS 6.96
PPP 6.24
Partai Hanura 5.53
PBB 1.54
PKPI 0.93

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif