Bisnis
Selasa, 30 April 2024 - 00:11 WIB

Okupansi Hotel di Solo Naik Jelang Puncak Perayaan HUT Dekranas

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah hotel mengalami kenaikan tingkat hunian kamar atau okupansi menjelang puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang akan diselenggarakan di Solo pada Mei 2024 mendatang.

Public Relations The Sunan Hotel Solo, Tika Ratna, menguraikan untuk perhelatan Dekranas mendatang tingkat okupansi kamar sudah mencapai 80%. Tamu yang memesan kamar rata-rata berasal dari luar Jawa. Pihaknya optimistis okupansi kamar bisa mencapai 100% mendekati puncak perayaan Dekranas.

Advertisement

“Sudah sangat terdampak, okupansi sekitar 80%, tamu rata-rata berasal dari luar Jawa. Melihat dari tren pemesanan yang ada, kemungkinan makin banyak,” terang Tika saat dihubungi Solopos.com, Senin (29/4/2024).

Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Wening Damayanti, menjelaskan saat ini permintaan paling banyak terjadi di hotel bintang 4 dan bintang 5.

“Permintaan paling banyak saat ini ke bintang 4 dan bintang 5, occupancy sudah naik di periode itu pasti nanti setelah itu juga akan banyak ke hotel bintang 3 bintang 2 dan seterusnya,” kata dia.

Advertisement

Wening menguraikan banyak tamu yang berasal dari luar kota dan luar provinsi. Dia menyebut okupansi kamar akan terus meroket mendekati hari perayaan bahkan di hotel bintang 3 dan bintang 2.

“Ini kan diperkirakan ada 6.000 orang yang akan masuk di Solo mulai tanggal 13 Mei 2024 hingga 16 Mei 2024 sudah mulai penuh,” ujar Wening.

Dilansir Antaranews.com, puncak perayaan HUT ke-44 Dekranas akan diselenggarakan di Solo, 14-15 Mei 2024 mendatang. Ketua Panitia HUT Ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang menyampaikan puncak perayaan HUT Ke-44 Dekranas akan diramaikan dengan acara syukuran dan pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Advertisement

“Puncak HUT Ke-44 Dekranas tanggal 14-15 Mei mendatang di Solo. Acaranya syukuran, lalu expo mengundang UMKM se-Indonesia,” kata Loemongga dalam acara Bakti Sosial HUT Ke-44 Dekranas di Rumah Kriya Asri/Kantor Pusat Dekranas, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum Dekranas sekaligus istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin itu, Loemongga mengatakan acara pameran di Solo akan diikuti 278 stan UMKM di Alun-alun Pura Mangkunegaran.

Selain pameran, puncak HUT ke-44 Dekranas juga akan dimeriahkan kirab budaya dan pawai mobil hias dari seluruh provinsi di Indonesia. “Jadi puncaknya kirab budaya dan mobil hias dengan ciri khas masing-masing provinsi,” ujar Loemongga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif