News
Minggu, 5 Mei 2024 - 11:26 WIB

Perluas Jejaring Internasional, Tim UIN Salatiga Kunjungan Resmi ke Filipina

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga melakukan kunjungan resmi di berbagai tempat di Filipina, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, MANILA — Tim dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga melakukan kunjungan resmi di berbagai tempat di Filipina, belum lama ini.

Kunjungan disambut oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Prof. Dr. Ir. Aisyah Endah Palupi, M.Pd. yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala Sekolah Indonesia Davao, FIlipina Selatan, Senin (29/4/2024).

Advertisement

Dia bercerita banyak tentang nasib Person of Indonesian Descents (PIDs) yang perlu sekali mendapat perhatian terutama dari segi pendidikan. Mereka adalah putra-putri Indonesia keturunan 4 generasi orang Indonesia.

Mereka juga kurang beruntung karena tinggal di negara lain, dengan kehidupan yang tidak pasti, namun mereka bersemangat untuk kehidupan yang lebih baik ke depannya. Maka dari itu, Rektor UIN Salatiga Prof. Zakiyuddin Baidhawy menyambut baik usulan Atdikbud terkait pemberian beasiswa untuk PIDs tersebut.

Advertisement

Mereka juga kurang beruntung karena tinggal di negara lain, dengan kehidupan yang tidak pasti, namun mereka bersemangat untuk kehidupan yang lebih baik ke depannya. Maka dari itu, Rektor UIN Salatiga Prof. Zakiyuddin Baidhawy menyambut baik usulan Atdikbud terkait pemberian beasiswa untuk PIDs tersebut.

“Kami akan berusaha memberikan beasiswa untuk mereka baik muslim maupun non muslim, meliputi 3 hal yaitu UKT Rp0, akomodasi seperti tempat tinggal, dan monthly stipend kira-kira sekitar US$50,” ujar Zakiyuddin Baidhawy.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga, Hammam, Ph.D menambahkan, pihaknya juga akan memfasilitasi antar jemput mahasiswa dari stasiun dan bandara.

Advertisement

Selain itu, Rektor juga meminta Atdikbud RI Manila untuk ikut membantu dalam promosi UIN Salatiga untuk calon mahasiswa yang dari Filipina asli.

“Kami ada beberapa muslim Filipina yang berniat kuliah di Indonesia, mereka berada di wilayah Filipina selatan, atau yang dikenal dengan bangsa Moro. Kami juga siap membantu, jika UIN Salatiga berniat ingin melakukan kerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi di Filipina,” ujar Aisyah Endah Palupi.

Kegiatan ditutup dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama. Pusat Kerja Sama Internasional UIN Salatiga juga meninggalkan beberapa brosur untuk keperluan sosialisasi mahasiswa asing di sana, juga koordinasi dengan Tim Sosmed Atdikbud, agar mengunggah soft file brosur tersebut di Instagram Atdikbud RI. Pada hari kedua atau Selasa (30/04/2024), Tim UIN Salatiga melakukan kunjungan ke Wisdom Islamic School di Davao City, Filipina.

Advertisement

Tujuannya adalah untuk promosi UIN Salatiga ke calon mahasiswa asing di sana, baik untuk level S1, S2 maupun S3. Kepala sekolah mereka, Dr. Saprola adalah lulusan S2 dan S3 dari perguruan tinggi di Indonesia, sehingga membuat semangat para siswa dan gurunya untuk sekolah di Indonesia.

“Insha Allah, kami siap membantu promosi ini, dan kami usahakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan siswa atau guru yang akan studi di UIN Salatiga,” tutur Saprola dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang cukup fasih.

Selain kegiatan sosialisasi, UIN Salatiga juga menandatangani naskah kerja sama dengan sekolah ini agar ke depannya, semakin banyak kolaborasi kegiatan akademis yang saling menguntungkan terwujud.

Advertisement

Kunjungan selanjutnya adalah ke Konsulat Jenderal RI dan Sekolah Indonesia di Davao. Konjen Agus Trenggono dan beserta para guru-guru di Sekolah Indonesia Davao (SID) menyambut kedatangan rombongan UIN Salatiga.

Konjen dan KBRI terutama Atdikbud akan turun tangan membantu UIN Salatiga dalam memberikan beasiswa untuk para PIDs di SID. Mereka akan membantu dalam kejelasan identitas anak-anak atau pemerolehan KTP Indonesia sebagai syarat beasiswa tersebut. Kegiatan kunjungan ditutup dengan melihat secara langsung SID dan murid-muridnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif