Lifestyle
Minggu, 6 April 2014 - 02:31 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Cara Benar Merawat Kesehatan Mata

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat mata (healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki fungi penting sebagai alat penglihatan. Namun sayang, mata seringkali terabaikan dan jarang mendapatkan perawatan khusus. Sehingga banyak orang di usia muda harus menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan karena kesehatan mata mereka yang mulai terganggu.

Bagi Anda yang tak ingin menggunakan kacamata di usia dan kesehatan mata tetap terjaga,  berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti di kutip Solopos.com, Rabu (26/3/2014) dari situs Healthmeup:

Advertisement

Jangan Membaca dengan Posisi Berbaring

Jangan biasakan membaca sambil berbaring. Cobalah untuk selalu menjaga jarak aman dalam membaca setidaknya 30 cm dari mata. Disarankan juga untuk mengambil jeda waktu sekitar 5-10 menit di sela-sela membaca agar mata juga dapat beristirahat.

Jangan Menatap Benda Terlalu Dekat

Advertisement

Jangan pernah menatap tajam suatu objek yang berjarak terlalu dekat dengan mata untuk menghindari kerusakan permanen pada mata Anda.

Atur Pencahayaan Ketika Membaca

Jangan pernah membaca dalam cahaya yang minim karena dapat menyebabkan ketegangan mata mata Anda. Selalu atur pencahayaan yang tepat ketika membaca agar kerja mata tak terlalu berat. Penting juga diingat, hindari mata dari bahaya sengatan sinar ultra violet dengan menggunakan kacamata yang dapat melindungi mata dari bahaya sinar matahari langsung.

Advertisement

Gunakan Kacamata Pelindung Ketika Berkendara

Lingkungan luar penuh dengan debu dan udara kotor. Jadi gunakan selalu pelindung mata atau kacamata agar mata tetap terhindar dari bahaya benda asing seperti serangga dan debu yang bisa masuk ke mata Anda.

 Selalu Kontrol Kesehatan

Periksakan kondisi kesehatan mata Anda setidaknya satu tahun sekali pada dokter mata walaupun Anda tidak merasakan adanya masalah pada mata Anda. Hal ini adalah cara yang paling baik untuk selalu memantau kesehatan mata Anda dan mengobati gejala sakit mata ringan sebelum terlampau parah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif