News
Kamis, 3 April 2014 - 13:30 WIB

GEMPA CHILE : Tsunami Kecil, Nelayan Pantai Selatan Tetap Melaut

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para nelayan Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari Gunungkidul. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dampak tsunami di Chile yang diperkirakan sampai di perairan Indonesia, Kamis (3/4/2014). Aktivitas nelayan di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari berjalan seperti biasa.
Salah satu nelayan di Pantai Baron, Karsono Cemplon, menuturkan ia telah mendapatkan pengumuman dari tim Search and Rescue (SAR) Satlinmas Korwil II akan adanya prediksi dari BMKG mengenai dampak tsunami di Indonesia. Ia juga mengumpulkan informasi dari pemberitaan di media massa.“Kabarnya sampai sini ketinggiannya 0,5 meter. Itu termasuk kecil. Setiap harinya bahkan kami berani masuk ke laut ketika gelombang mencapai 3 meter,” tutur dia kepada Harian Jogja, di Pantai Baron, Kamis (3/4/2014).

Ia menambahkan hampir 40% nelayan melaut kemarin. Menurutnya ketinggian gelombang di Pesisir Selatan melebihi satu meter sudah biasa. Karena pemahaman warga mengenai karakteristik daerah mereka, mereka menjadi tidak panik. Para nelayan pun tampak santai ketika memulai aktivitasnya.

Advertisement

Petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron Sariyo menuturkan banyak nelayan yang melaut karena sudah musim ikan tengiri batangan atau pancingan (berat di atas 5 kilogram per ekor). “Mereka tetap melaut. Namun, hasilnya memang tidak banyak. Rata-rata 30 kilogram. Itupun campur-campur ikannya,” tutur dia.

Sikap tenang juga ditunjukkan warga. Misalnya warga Singkil, Tepus, Tepus. Salah satu warga Singkil Budiono menuturkan warga menanggapi dengan kepala dingin. “Kami menyebutnya segara owah [laut pasang]. Dan itu hal biasa sehingga tidak ada yang panik,” tutur dia.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Marjono menuturkan sudah mendapatkan informasi pencabutan status waspada oleh BMKG. Status waspada dicabut pada pukul 10.00 WIB. Info tersebut sudah disosialisasikan kepada warga.

Advertisement

“Di pesisir selatan tidak tampak adanya dampak dari gempa dan tsunami yang terjadi di Chile. Ketinggian di gelombang tsunami di Chile pun hanya 1,9 meter. Ketinggian itu sudah biasa di pesisir Selatan,” tutur dia.

Namun, pihaknya mengaku telah menyebar informasi mengenai prediksi dampak tsunami di Chile pada Rabu (3/4) malam.  Meskipun tidak menimbulkan dampak, warga tetap diimbau waspada. Sebagai langkah antisipasi, para nelayan pun menaikkan perahunya. Warga pun diimbau untuk tidak panik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif