News
Kamis, 3 April 2014 - 16:25 WIB

GEMPA CHILE : BMKG Cabut Peringatan Tsunami

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah resmi mencabut peringatan dini tsunami di wilayah Indonesia.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan berdasaran analisis data monitoring alat observasi tinggi muka air laut di Papua, maka BMKG telah menyatakan peringatan dini Tsunami telah berakhir.

Advertisement

“Untuk seluruh wilayah Indonesia terhitung mulai Kamis, 3 April 2014 pukul 08.30 WIB,” katanya, Kamis (3/4/2014).

Menurutnya, dengan dicabutnya peringatan dini tsunami tersebut, maka masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sediakala. Berdasarkan informasi dari beberapa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan tidak terlihat adanya tsunami. Masyarakat terpantau telah kembali beraktivitas seperti biasa.

Dia menambahkan, adanya peringatan dini tsunami dari BMKG kemarin menunjukkan bahwa ancaman tsunami bagi pesisir Indonesia berada dari gempa di sekitar perairan wilayah Indonesia maupun dari luar wilayah Indonesia.

Advertisement

Apabila sumber gempa berasal dari lokal atau wilayah di sekitar Indonesia, tsunami datang hanya memerlukan waktu lebih kurang 30 menit dari terjadinya gempa. Namun, jika berasal dari daerah yang jauh bisa membutuhkan waktu beberapa jam.

“Ada 5 juta penduduk Indonesia yang tinggal di daerah rawan tsunami tinggi hingga sedang. Dengan kondisi tersebut maka kesiapsiagaan masyarakat menghadapi tsunami perlu terus ditingkatkan,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif