Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Dok) Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Dok)
Rabu, 2 April 2014 20:33 WIB Rini Yustiningsih/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

GEMPA YOGYAKARTA
Setelah Digoyang Gempa, Soloraya Diguyur Hujan Deras

Solopos.com, SOLO–Gempa bumi berkekuatan 4,5 SR berpusat di Yogyakarta, Rabu (2/4/214) sekitar pukul 18.12 WIB menggoyang wilayah Soloraya. Gempa sekitar  2 detik itu dirasakan warga Soloraya. Setelah gempa berlalu, hujan deras pun mengguyur Kota Solo.

Hujan deras ini merata mengguyur Kota Solo. Hujan deras ini berlangsung sekitar satu jam. Sekitar pukul 20.00 WIB hujan pun berhenti.

Timeline di jejaring sosial baik Twitter maupun Facebook diramaikan dengan kicauan dan status seputar gempa di Soloraya. Berbagai komentar mengenai gempa. Bahkan getaran gempa juga dirasakan warga di Blitar Jawa Timur.

Akun Facebook Tono Gear, Di Sukoharjo trasa.”

Akun Facebook Prita Fatimah, “Lampune redup” ternyata gempa…”

Akun Facebook Andi Jaya, “Di blitar, jawatimur juga kerasa.”

Akun Facebook Aan Eka, “Di Sragen Manggis keras tadi.”

Akun @Habib_252, “Sy dr.Wonogiri juga mrasakan.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, gempa bumi dirasakan di Soloraya dan sekitarnya, Rabu (2/4/2014) petang. Getaran yang dirasakan sekitar tiga kali tersebut berlangsung singkat namun membuat banyak orang menghentikan aktivitas sejenak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengungkapkan melalui akun Twitter menyebutkan gempa ini memiliki kekuatan 4,5 Skala Richter dengan pusat gempa berada di darat, tepatnya tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Gempa Mag:4.5 SR,02/04/2014-18:21:56 WIB,10 Km,Pusat gempa berada di Darat 28 km Tenggara Yogyakarta,” kicau @infoBMKG, Rabu.

Selain itu, akun Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja juga menyebutkan gempa terasa di sekitar Gunung Merapi. “Gempa tektonik18:25 terasa di sebagian pos PGM Merapi,” tulis @BPPTKG.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…