Umum
Rabu, 2 April 2014 - 22:42 WIB

GEMPA YOGYAKARTA : Pemkab Bantul Belum Terima Laporan Kerusakan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seismik Status Merapi Kamis (2/4/2014) petang (Twitter @BPPTKG)

Solopos.com, SOLO–Gempa 4,5 SR berpusat di 28 km tenggara DI Yogyakarta, Rabu (2/4/2014). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo menuturkan hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan. Ia mengaku telah melakukan pengecekan melalui radio HT dan jaringan informasi.

“Dari bagian Selatan hingga Utara tidak ada laporan kerusakan. Untuk tepatnya titik gempa, kami masih belum tahu,” tutur dia kepada JIBI/Harian Jogja.

Advertisement

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Search And Rescue (SAR) Satlinmas mengenai gempa tersebut. Dari hasil koordinasi tidak diketahui ada kondisi bahaya di wilayah selatan.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Marjono menuturkan gempa yang berpusat di darat tidak dikhawatirkan bisa memicu tsunami. Ia mengaku getaran gempa terasa sampai di wilayah selatan.

“Namun, kami mengimbau warga untuk tidak panik,” papar dia. Dari pantauan tim SAR Satlinmas kondisi masih terkendali dan belum ada laporan kerusakan.

Advertisement

“Untuk wilayah pesisir justru akan terpengaruh tsunami Chile. Kami sudah menginformasikan kepada warga. Kapal juga sudah dinaikkan,” tutur dia.

Namun, ia meminta warga untuk tidak panik. Pasalnya ketinggian gelombang kiriman hanya 0-0,5 meter. “Di pesisir Gunungkidul gelombang yang tingginya melebihi 0,5 meter misal sampai tiga meter juga sudah biasa. Termasuk normal,” tutur dia

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif