News
Rabu, 2 April 2014 - 18:48 WIB

Gempa 4,5 SR Goyang Soloraya dan Jogja Petang Ini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi dirasakan di Soloraya dan sekitarnya, Rabu (2/4/2014) petang. Getaran yang dirasakan sekitar tiga kali tersebut berlangsung singkat namun membuat banyak orang menghentikan aktivitas sejenak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengungkapkan melalui akun Twitter menyebutkan gempa ini memiliki kekuatan 4,5 Skala Richter dengan pusat gempa berada di darat, tepatnya tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Gempa Mag:4.5 SR,02/04/2014-18:21:56 WIB,10 Km,Pusat gempa berada di Darat 28 km Tenggara Yogyakarta,” kicau @infoBMKG, Rabu.

Advertisement

Di Solo, getaran gempa terjadi pada pukul 18.20 WIB. Gempa dikabarkan juga dirasakan warga Jogja dan sekitarnya pada waktu yang sama. Warga menduga ini adalah gempa tektonik dan bukan gempa vulkanik terkait aktivitas Gunung Merapi.

Selain itu, akun Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja juga menyebutkan gempa terasa di sekitar Gunung Merapi. “Gempa tektonik18:25 terasa di sebagian pos PGM Merapi,” tulis @BPPTKG.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif