Jogja
Senin, 31 Maret 2014 - 16:51 WIB

KPU Kulonprogo Sosialisasi Pemilu di Pasar Tradisional

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mensosialisasikan tata cara dan pelaksaan Pemilu 9 April 2014 kepada para pedagang di pasar-pasar tradisional di wilayah tersebut.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Humas KPU Kulonprogo Tri Mulatsih mengatakan sasaran sosialisasi ini adalah kalangan pedagang pasar tradisonal dan pembeli.

Advertisement

Sejumlah pasar yang telah menjadi sasaran sosialisasi adalah Pasar Glagah, Pasar Congot, serta pengunjung objek wisata Pantai Glagah di Kecamatan Temon. “Tujuan kami agar masyarakat tahu terutama tata cara pencoblosan dan surat suara yang mendekati sebenarnya,” kata Tri Mulatsih, Minggu (30/3/2014).

Dia mengatakan pada sosialisasi ini, pihaknya bersama relawan demokrasi (relasi) membagi-bagikan leaflet, poster, sticker, serta contoh empat macam surat suara.

“Kami mengajak pedangang dan pembeli serta pengunjung objek wisata supaya menggunakan hak pilihnya pada 9 April nanti,” kata dia.

Advertisement

Ia mengatakan berdasarkan surat dari KPU pusat perlu dilakukan optimalisasi sosialisasi kepada masyarakat. Salah satu program yang kemudian dilakukan KPU Kulonprogo sendiri adalah mengadakan sosialisasi di tempat-tempat yang memang jarang diberi sosialisasi atau di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan lokasi hiburan.

Dia mengatakan pasar tradisioal dipilih menjadi sasaran sosialisasi karena kebanyakan pedagang setiap harinya di pasar atau berjualan dari pasar satu ke pasar lainnya sehingga belum pernah menerima sosialisasi pemilu. Dengan sosialisasi ini, diharapkan mereka mengatahui tata cara memilih dan melihat serta mencermati contoh surat suara.

“Kami juga menekankan agar mereka menggunakan hak pilihnya, tidak golput, karena satu suara pun sangat menentukan untuk masa depan Indonesia. Kami juga masih akan melanjutkan sosialisasi ke beberapa pasar tradisional,” kata dia.

Advertisement

Seorang pedagang Pasar Glagah, Guyup mengaku senang dengan adanya sosialisasi dari KPU Kulonprogo ini karena menjadi tahu bagaimana cara memilih pada Pemilu 9 April.

“Cara memilihnya seperti Pemilu 2009. Hanya saja, kalau dulu contreng sekarang coblos,” katanya. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif