News
Senin, 31 Maret 2014 - 09:36 WIB

Bentrokan dalam Pemilu Lokal di Turki, 8 Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, ANKARA--Delapan orang tewas dan 28 orang lagi cedera, Minggu (30/3/2014) waktu setempat, dalam bentrokan di tengah pemilihan lokal yang berlangsung di Turki, demikian laporan Kantor Berita Swasta Dogan.

Dua orang meninggal dan delapan orang lagi cedera ketika mereka berkelahi sehubungan dengan pemilihan umum di Desa Golbasi, Kota Kecil Kirikhan, Provinsi Haray di Turki Selatan, kata laporan tersebut.

Advertisement

Enam orang tewas dan lima orang lagi cedera dalam baku-tembak antar-calon di Kota Kecil Hilvan di Provinsi Sanliurfa, bagian selatan Turki.

Seorang lelaki yang berusia 18 tahun dan kecanduan narkotika melukai empat orang dari Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), yang memerintah, demikian laporan Xinhua, Senin pagi. Lelaki itu menggunakan pisau dalam serangannnya di Provinsi Gaziantep di Turki Selatan pada Minggu, kata laporan tersebut.

Sepuluh orang cedera dalam perkelahian saat satu kelompok sebanyak 50 pendukung AKP menyerang pendukung Partai Gerakan Nasionalis (MHP) di satu gedung sekolah di Kabupaten Kecioren di Ibu Kota Turki, Ankara. Setelah itu para penyerang –yang dilaporkan menggunakan potongan besi dan pisau– ditemukan oleh personel polisi di satu stasiun pompa bahan bakar.

Advertisement

Badan Tinggi Pemilihan Umum telah mengumumkan sebanyak 52.695.831 orang memenuhi syarat sebagai pemberi suara di 177.044 tempat pemungutan suara di 81 Provinsi di seluruh Turki.

Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 waktu setempat (12.00 WIB) di Provinsi Turki Timur dan berakhir pada pukul 16.00 waktu setempat (21.00 WIB). Di bagian barat negeri tersebut, pemungutan suara berlangsung pukul 08.00 waktu setempat (13.00 WIB) dan 17.00 waktu setempat (22.00 WIB).

Sebanyak 26 partai, termasuk AKP –yang memerintah– Partai Rakyat Republik (CHP) –yang beroposisi– dan Partai Gerakan Nasionalis, bersaing dalam pemilihan lokal tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif