Lifestyle
Minggu, 30 Maret 2014 - 02:03 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Cara Jitu Atasi Insomnia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Insomnia (healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Idealnya seseorang harus tidur sekitar 8 jam setiap harinya. Tapi beberapa faktor seperti stres, kecemasan atau bahkan obat-obatan dapat menganggu pola tidur dan menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Padahal insomnia dapat mempengaruhi tingkat energi, suasana hati dan kesehatan.

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh bagi Anda yang seringkali mengalami insomnia sebagaimana dikutip Healthmeup, Jumat (28/3/2014):

Advertisement

Jangan Biasakan Makan Berat Sebelum Tidur

Membiasakan makan berat yang dekat dengan waktu tidur dapat menganggu tidur Anda, pastikan Anda makan tiga sampai empat jam sebelum tidur agar makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh tubuh Anda. Cobalah juga minum segelas susu hangat dan madu di malam hari. Susu mengandung tryptophan yang dapat membuar serototin, suatu zat kimia dalam otak yang dapat membantu Anda tidur.

Oleskan Aroma Lavender

Advertisement

Lavender dikenal memiliki transquiliser ringan yang dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. Anda oleskan pada pantal sebelum tiba waktu Anda akan tidur. Mandi dengan aromaterapi yang menenangkan sebelum tidur juga akan membantu Anda lebih rileks dan tertidur dengan mudah.

Hindari Tidur Siang

Hindari tidur siang. Jika Anda memutuskan untuk tidur di siang hari akan membuat tidur malam Anda semakin sulit.

Advertisement

Jangan Berolahraga Terlalu Dekat Dengan Jam Tidur

Harus ada jeda waktu yang diambil antara olehraga dengan waktu tidur Anda. Hal ini karena olahraga ternyata dapat menghambat tidur nyenyak Anda.

Hindari Kafein

Seperti yang banyak diketahui, mengonsumsi kafein memang menyebabkan sulit tidur. Jika Anda memang terpaksa mengonsumsinya sebaiknya memberi rentang waktu setidaknya 4 jam sebelum tidur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif