Teknologi
Sabtu, 29 Maret 2014 - 14:43 WIB

Wow, Facebook akan Sediakan Internet Gratis di Seluruh Dunia!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Drone (Bloomberg.com)

Solopos.com, NEW YORK — Ekspansi Facebook beberapa pekan terakhir semakin menggila. Setelah mengumumkan akan mencaplok pengembang Virtual Reality, Facebook mengatakan akan membuat akses internet dunia yang dapat dinikmati secara gratis. Bagaimana caranya?

Seperti dilaporkan Mashable, Sabtu (29/3/2014), Mark Zuckerberg dalam akun resminya membuat sebuah pernyataan menarik. Dia akan membuat sebuah drone yang mampu memancarkan jaringan internet ke seluruh dunia. Drone adalah pesawat yang dapat dikendalikan melalui remote control.

Advertisement

Facebook akan membentuk Connectivity Lab, sebuah tim yang dibuat khusus untuk mengembangkan teknologi komunikasi internet secara nirkabel. Perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu telah menggaet Laboratorium Jet Propulsion NASA serta Ames Research Center yang dikenal ahli dalam bidang teknologi komunikasi bergerak.

“Dalam upaya kami menghubungkan seluruh dunia dengan Internet.org, kami telah mengerjakan sejumlah cara untuk menghadirkan internet ke orang-orang dari langit. Hari ini, kami berbagi beberapa detil tugas yang akan dilakukan Facebook Connectivity Lab yaitu [mereka] sedang membangun drone, satelit dan laser untuk menghadirkan internet ke semua orang,” tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook resminya.

Mark Zuckerberg menggambarkan secara detail bagaimana drone ini bekerja. Satelit tersebut akan digunakan untuk melayani lokasi yang memiliki kepadatan penduduk rendah. Beberapa satelit akan diluncurkan pada orbit yang sudah ditetapkan agar bisa memberikan cakupan sinyal laser secara simultan.

Advertisement

Facebook dalam sebuah video yang diunggah di Youtube mengungkapkan ada beberapa hal baru yang digunakan untuk menyediakan ini internet gratis ini. Di antaranya adalah bagian free space optics yang mampu mendistribusikan secara nyata dan data stream berkapasitas luar biasa tinggi. Data ini diklaim mirip dengan apa yang ditemukan melalui jaringan serat optik.

Sedangkan untuk lokasi pinggiran kota, Facebook menyediakan drone yang mampu terbang pada ketinggian 20.000 meter. Drone ini mampu terbang selama berbulan-bulan karena menggunakan tenaga surya. Secara teori, drone mampu menawarkan akses internet lebih baik dari satelit karena jaraknya lebih dekat.

Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan yang memiliki ide untuk membagikan internet pada semua orang. Sebelumnya, Google lebih dulu melakukannya dengan meluncurkan program bernama Project Loon dan memanfaatkan alam untuk mengantarkan koneksi internet bagi semua orang. Ilustrasi drone Facebook bisa dilihat dalam video di atas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif